Liburan ke Banyuwangi, Rugi Tak Mampir Snorkeling di Pantai Bangsring

Banyuwangi kini kian dilirik sebagai tujuan liburan karena memiliki destinasi alam yang beragam, dari Gunung Ijen dengan fenomena Blue Fire-nya yang eksotis, Taman Nasional Baluran dengan hamparan sabananya yang sekilas mengingatkan akan Afrika, hingga Pantai Sukamade yang menjadi tempat penyu bertelur.

Namun, tahukah kamu, kalau Banyuwangi juga memiliki tempat snorkeling di Bangsring Underwater? Terletak di lepas laut Pantai Bangsring, sekitar 20 meter jauhnya, spot ini mudah ditemui karena ditandai dengan keberadaan rumah apung di atasnya.

Di sinilah kamu dapat menyewa peralatan snorkeling untuk kemudian menyelami perairan di sekelilingnya. Selain berbagai spesies ikan, termasuk Apogon fraenatus, Aspidontus taeniatus, Caranx melampygus, Ctenochaetus binotatus, dan Pomacentrus amboinensis, kamu pun dapat melihat banyak terumbu karang yang masih sehat dan subur.

Air di sini pun jernih, dengan jarak pandang lima hingga delapan meter ke dasar laut, sehingga kamu pun dipastikan dapat dengan jelas menyaksikan keindahan biota laut yang ada di kawasan ini.

Menariknya, Bangsring Underwater tak hanya menawarkan pesona bawah lautnya. Atraksi wisata ini juga menyediakan beberapa macam wahana permainan, termasuk banana boat.

“Harga saat ini masih sama. Biaya sewa alat snorkeling Rp30.000, kapal ke rumah apung Rp5.000, dan banana boat Rp150.000. Yang berubah hanya tiket masuk, yang awalnya Rp2.000 jadi Rp5.000,” tutur Ikhwan, pengelola Bangsring Underwater, saat dihubungi Getlost.id, Rabu (02/12/2020).

Pihak pengelola Bangsring Underwater juga menerapkan aturan baru bagi pengunjung yang ingin datang saat pandemi, yakni wajib mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membawa hand sanitizer pribadi, serta membawa alat makan dan peralatan ibadah sendiri.

Dilansir dari akun Instagram resminya @bangsringunderwater, alur kunjungannya sendiri adalah sebagai berikut.

  • Setiba di lokasi, pengunjung akan dilayani petugas parkir, kemudian diarahkan untuk mencuci tangan dan melalui pemeriksaan suhu tubuh.
  • Setelah itu, pengunjung dapat mengantre di pintu masuk untuk membayar tiket di loket. Disarankan untuk menggunakan pembayaran non-tunai atau cashless.
  • Pastikan alat snorkeling sudah steril. Pihak pengelola akan memastikan seluruh alat yang disewa sudah dicuci terlebih dahulu, selain menyediakan mouth piece gigitan baru. Jaket pelampung pun akan disterilkan dengan disemprot disinfektan.
  • Selama berada di lokasi, pastikan untuk selalu menjaga jarak aman dengan pengunjung lain.
  • Cuci tangan kembali setelah melakukan aktivitas.

Terletak di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Pantai Bangsring terletak sekitar 23 kilometer jauhnya dari pusat kota Banyuwangi, dan dapat dicapai dengan 40 menit berkendara via Jalan Nasional III dan Jalan Raya Pantura. Buka sedari pukul 07:00 hingga 18:00, fasilitas di sini terbilang lengkap, mulai dari toilet, kamar mandi, dan warung makan, sehingga kamu pun tak perlu kerepotan mencari tempat bilas maupun tempat untuk mengisi perut seusai beraktivitas.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here