Pantai-pantai Terpopuler di Selandia Baru

Di Selandia Baru, musim panas berlangsung mulai Desember hingga Januari, di mana di bulan-bulan itulah merupakan saat terbaik untuk menuju deretan pantainya yang cantik. Lain kali berkunjung ke Selandia Baru, jangan lewatkan kunjungan ke pantai-pantai terpopuler berikut ini.

Pantai Pesisir Barat Auckland

Meski deretan pantai di pesisir barat Auckland ini berada di lokasi yang terpencil, aksesnya mudah dan hanya satu jam berkendara dari pusat kota, sehingga cocok untuk destinasi perjalanan sehari.

Pantai Piha merupakan salah satu pantai terbaiknya, dengan ombak yang sangat besar dan kuat, sehingga cocok untuk berselancar. Berenang pun bisa dilakukan di sini, meski pastikan untuk selalu berenang di antara bendera, agar selalu berada di bawah pengawasan ketat Piha Surf Club. Pengunjung juga dapat mengeksplor hutan hujan di belakang pantai, di mana terdapat air terjun yang letaknya tersembunyi.

Pantai Bethells (Te Henga) di Waitakere Ranges Regional Park juga menarik dikunjungi dengan hamparan pasirnya yang berwarna hitam dan perairannya yang cocok untuk berselancar, sementara Pantai Karekare yang terkenal karena merupakan lokasi syuting film pemenang piala Oscar The Piano (1993) memiliki beberapa jalur pejalan kaki yang menuju hutan di area ini, termasuk jalur mudah ke Karekare Falls yang menghempas setinggi enam meter ke kolam opal yang cantik.

Alternatif lainnya adalah menuju Pantai Muriwai dengan lintasan di puncak tebing untuk menuju koloni besar burung gannet yang berdiam di sana dari Agustus hingga Maret. Aksesnya mudah dengan titik pandang yang memungkinkan pengunjung untuk melihat burung cantik dengan paruh berwarna biru muda tersebut dari dekat.

Tawharanui, Auckland

Terletak di Tawharanui Regional Park, atau sekitar 80 menit berkendara ke utara Auckland, Tawharanui merupakan dua teluk mungil yang membentuk pantai, dengan masing-masing memiliki tanjung berbatu kecil yang menarik untuk dieksplor. Selain berenang dan berselancar, pengunjung juga dapat berpiknik di area berumputnya yang berhias rindang pohon pohutukawa.

Mount Maunganui, Bay of Plenty 

Mount Maunganui adalah sebuah kota pantai yang berada di ujung selatan Tauranga Harbour, yang sebenarnya merupakan tumpukan pasir besar dengan teluk di sisi dalam pelabuhan dan sebuah pantai yang cocok untuk berselancar di sisi samudranya. Ada patroli yang menjaga pantai ini selama musim panas dan para sukarelawan sepanjang tahun selain musim panas.

Reputasi pantai sebagai surganya berselancar belakangan ini naik dengan dipasangnya beting karang buatan yang menghasilkan gelombang-gelombang yang sempurna secara konsisten. Beting karang itu terletak 250 meter di lepas pantai dan 0,4 meter di bawah ketinggian pasang surut yang paling rendah, sehingga tidak tampak dari atas permukaan air. Beting karang itu dirancang untuk menghasilkan gelombang yang turun dengan cepat, melengkung, serta ke kanan dan ke kiri, sehingga cocok untuk para peselancar yang kompeten dan berpengalaman.

Bay of Islands, Northland

Merupakan rumah bagi 144 pulau dan ratusan pantai berpasir putih yang belum terjamah, Bay of Islands – sekitar tiga jam perjalanan ke utara Auckland – dapat dieksplor dengan mencarter yacht, memesan tur dengan kapal pesiar selama satu hari, atau mengayuh kayak. Banyak operator tur di kawasan ini yang menawarkan perjalanan menuju Cape Brett yang spektakuler dan “The Hole in the Rock” di Piercy Island.

Pengunjung dapat menjumpai berbagai satwa liar, seperti penguin, lumba-lumba, ikan marlin, hingga paus. setelah mengelilingi Tapeka Point yang terletak di utara Russell, atau mengunjungi sebagian besar pulau-pulau di teluk ini untuk melintasi jalur pejalan kakinya maupun melewatkan malam di bumi perkemahan di Urupukapuka Island yang dikelola oleh Departemen Konservasi.

Raglan, Hamilton-Waikato

Berada di sebelah barat Hamilton, Raglan terkenal dengan left-hand surf break dan kota kreatifnya yang unik. Bila bukan peselancar mahir, Ocean Beach adalah tempat yang mengasyikkan untuk berenang, bermain body boarding, atau bahkan belajar berselancar dengan Raglan Surf School.

Semenanjung Coromandel

Banyak Kiwi memiliki rumah liburan mereka – atau minimal melewatkan liburan musim panas – di Semenanjung Coromandel. Banyak pantai berpasir putih di sini yang menakjubkan, mulai dari Buffalo Beach dengan perairan yang cocok untuk berenang, Lonely Bay yang masih terpencil, Cathedral Cove dengan trek jalan kakinya yang menawarkan panorama memukau, hingga Hot Water Beach dengan pemandian termalnya.

Taman Nasional Abel Tasman, Nelson

Meski merupakan taman nasional terkecil di Selandia Baru, Abel Tasman yang berada di ujung utara Pulau Selatan ini memiliki banyak pantai indah yang dapat dijelajahi dengan perahu, kapal, taksi air, maupun kayak. Taman nasional ini juga menawarkan pengalaman mendaki yang spektakuler, serta kesempatan untuk menyaksikan satwa liar di habitatnya, mulai dari burung gannet, bellbird, dan tui, hingga lumba-lumba, anjing laut, little penguin di lepas pantai.

Saint Clair, Dunedin

Dunedin memiliki banyak pantai indah yang tersebar di sepanjang garis pantai dan sekitar Pelabuhan Otago, termasuk Saint Clair yang cocok untuk berjalan santai, berenang, dan berselancar. Di sepanjang pantai ini juga terdapat sejumlah bar dan restoran bagi yang ingin mengisi perut sambil menikmati pemandangan sekitar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here