Thailand Gandeng Airbnb untuk Promosikan Pariwisata Berbasis Komunitas

Otoritas Pariwisata Thailand (TAT) telah bekerja sama dengan Airbnb untuk mendorong pariwisata berbasis komunitas di seluruh penjuru Thailand. Airbnb mengatakan pihaknya memiliki komitmen berkelanjutan untuk mendorong perjalanan ke luar kota-kota besar dan menyebarkan manfaat pariwisata ke tujuan yang sedang berkembang.

“Sejalan dengan tujuan pemerintah untuk mempromosikan pariwisata berbasis komunitas, Otoritas Pariwisata Thailand telah bermitra dengan sejumlah organisasi, termasuk Airbnb, dalam Thailand Rural Tourism Awards yang pertama,” kata Wakil Gubernur Otoritas Pariwisata Thailand untuk Produk dan Layanan Pariwisata, Thapanee Kiatphaibool.

“Kami percaya bahwa jangkauan lokal dan global Airbnb yang luas akan membantu mendorong pelancong untuk mengunjungi kawasan pedesaan Thailand, sehingga nantinya akan membantu mendukung pertumbuhan pariwisata berbasis komunitas dan memastikan manfaat pariwisata tersebar di seluruh penjuru negeri.”

Sebagai bagian dari dukungannya, Airbnb telah memperkenalkan situs web khusus yang menampilkan para pemenang Thailand Rural Tourism Awards 2020 dari 15 komunitas di seluruh Thailand. Seluruh penginapan dan pengalaman ini dapat dipesan melalui Airbnb, sehingga dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan bagi komunitas lokal ini.

“Proposisi Airbnb untuk memberikan pengalaman perjalanan lokal dan autentik sangat selaras dengan tujuan TAT untuk meningkatkan kesadaran akan tujuan yang unik dan tak biasa,” kata General Manager Airbnb India, Asia Tenggara, Hong Kong, dan Taiwan, Amanpreet Bajaj.

Ke depannya, promosi ini akan terus difokuskan pada tujuan pariwisata yang sedang berkembang di Thailand, seperti Saraburi yang hanya 1,5 jam berkendara dari Bangkok, atau Buriram yang dapat menjadi gerbang untuk menjelajahi berbagai kuil dan situs kuno yang bertebaran di sekitarnya.

Menurut laporan yang dirilis oleh Oxford Economics baru-baru ini, pada 2019 Airbnb menyumbangkan 43,7 miliar baht untuk PDB Thailand dan mendukung 113.300 pekerjaan lokal. Lalu, antara 2015 dan 2019, tamu Airbnb menghabiskan 150 miliar baht selama tinggal di Thailand.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here