Seperti di Film Futuristik, Beijing Dihiasi Bangunan Berdesain Mutakhir

Apa yang kita saksikan di layar lebar, seolah-olah menjadi kenyataan saat bertandang ke Beijing. Seperti menjadi bagian dari film-film futuristik, Beijing dihiasi bangunan berdesain mutakhir dengan rupa tak lazim. Ingin mencari alternatif selain menikmati destinasi sejarah dan budaya di ibu kota Tiongkok? Intip dan kagumi kemegahan enam bangunan berdesain mengagumkan.

  • China Central Television Headquarters

Bangunan megah yang dijuluki Big Pants karena terlihat seperti celana berukuran besar, China Central Television Headquarters dirancang Rem Koolhaas dan Ole Scheeren dari OMA, dengan biaya pembangunan mencapai 900 juta dolar AS. China Central Television Headquarters terdiri 51 lantai yang merupakan kantor CCTV, studio televisi, penyiaran, dan fasilitas produksi. Pengunjung tidak dapat mengakses bagian dalam gedung, tapi dapat mengagumi eksteriornya di titik ikonis yang berada tak jauh dari pintu keluar Stasiun Jintaixizhao.

  • Wangjing SOHO

Wangjing SOHO merupakan tiga gedung perkantoran dan ritel yang dibangun menyerupai pegunungan futuristik. Dirancang arsitek Inggris-Irak, Zaha Hadid dan Patrik Schumacher, Wangjing SOHO dikelilingi taman seluas lebih dari 18.000 meter persegi. Diresmikan pada September 2014, tiga menara bangunan ini memiliki tinggi masing-masing 118 meter, 127 meter, dan 200 meter, yang berlokasi di Wangjin, salah satu kawasan bisnis dan hub bagi perusahaan teknologi informasi dan telekomunikasi.

  • Linda Haiyu Plaza

Terletak di sepanjang East Fourth Ring Road di distrik Chaoyang, Linda Haiyu Plaza adalah serangkaian bangunan yang berbaris menyerupai ikan. Kompleks seluas lebih dari 24.000 meter persegi ini mencakup gedung perkantoran berlantai 19, dengan desain seperti kepala ikan, beserta tiga gedung apartemen 15 lantai, hotel 20 lantai, dan dua bangunan komersial. Linda Haiyu Plaza yang disebut juga Linda Fishing Plaza, memiliki supermarket, deretan restoran, dan taman pemancingan air laut yang cukup luas.

  • National Centre for the Performing Arts

Dirancang oleh arsitek asal Prancis, Paul Andreu, National Centre for the Performing Arts yang diresmikan pada 2007 dari jauh tampak seperti telur raksasa. Dibuat dari titanium dan kaca ellipsoid, bangunan ini merupakan gedung pertunjukan yang terdiri aula konser (kapasitas 2.017 kursi), gedung opera (kapasitas 2.416 kursi), dan teater (kapasitas 1.040 kursi). Wisatawan dapat mengikuti tur berpemandu mengitari kompleksi seni senilai 400 juta dolar AS ini dengan biaya tur 200 yuan.

  • Galaxy SOHO

Gedung komersial yang juga didesain Zaha Hadid dan Patrik Schumacher, membutuhkan waktu 30 bulan untuk membangunnya. Di satu angle, rupa Galaxy SOHO terlihat seperti kapal luar ruang angkasa di film fiksi ilmiah. Bangunan berdesain mengagumkan ini merupakan kompleks perkantoran, ritel, dan hiburan, dengan empat struktur bangunan yang dihubungkan dengan jembatan.

  • National Aquatics Center

Bangunan senilai 143 juta dolar AS yang dirancang Arup, merupakan saksi bisu perhelatan pertandingan Olimpiade. Dikenal dengan sebutan Water Cube, gedung olahraga air ini memiliki 17.000 kursi penonton, yang mana bangunannya juga berfungsi sebagai rumah kaca dengan cahaya alami yang menembus dinding, sekaligus menghangatkan air di kolam. Water Cube terdiri lima kolam renang, mesin ombak, wahana air, restoran, dan terbuka untuk umum. Tur berpemandu dalam bahasa Inggris tersedia dengan pemberitahuan sebelumnya dan dikenai tarif 150 yuan.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here