Hachiko Ditunjuk Jadi Wali Kota Virtual Shibuya

Crowdfounding You Make Shibuya bersama Future Design Shibuya telah menunjuk Hachiko, anjing jantan jenis Akita yang terkenal akan kesetiaannya kepada sang pemilik, sebagai wali kota untuk Virtual Shibuya, platform digital online yang diluncurkan pada Mei tahun ini dan secara resmi diakui oleh pemerintah kota Shibuya. Sebuah acara akan digelar di platform virtual ini pada Oktober mendatang untuk secara resmi menunjuk Hachiko sebagai wali kota.

Desainer untuk Hachiko ini sendiri adalah Yoshiyuki Sadamoto, tokoh terkenal di balik pembuatan karakter film-film animasi Jepang terkenal, termasuk Neon Genesis Evangelion dan Summer Wars, sekaligus salah satu pendiri studio anime Gainax. Nantinya, Hachiko akan muncul sebagai “Virtual Hachiko” di dalam platform virtual tersebut. Desainnya tentu saja akan terinspirasi oleh Hachiko di kehidupan nyata.

Hachiko dipilih sebagai wali kota virtual karena merupakan ikon Shibuya. Patung perunggunya yang terletak di luar Stasiun Shibuya pertama kali dibangun pada 1934, dan sempat dilebur untuk keperluan perang pada 1944, sebelum dibangun kembali pada 1948. Telah berdiri selama beberapa dekade dan merupakan tempat pertemuan populer bagi orang-orang yang berkumpul di Shibuya, tak heran bila kemudian anjing setia ini dipilih sebagai duta untuk Virtual Shibuya.

Crowdfounding You Make Shibuya sendiri sebelumnya diluncurkan untuk membantu mendukung industri budaya Shibuya yang terkena dampak pandemi Covid-19. Saat ini, crowdfunding masih berlangsung dan akan berakhir pada 6 September 2020.

Proyek crowdfunding ini memiliki banyak proyek yang sedang dikerjakan untuk membantu membawa pengalaman menjelajah Shibuya kepada khalayak luas, termasuk dengan meluncurkan Virtual Shibuya sebagai “kota Shibuya kedua”. Menariknya, meski merupakan kota virtual, warganya juga akan memiliki KTP khusus, selain menerima tote bag dan pin badges dari Shibukuro.

Untuk menikmati Virtual Shibuya, Anda dapat mengaksesnya melalui Cluster lewat smartphone, laptop, atau perangkat virtual reality. Setelah login, Anda dapat membuat avatar sendiri, lalu mengeksplorasi area sekitar Shibuya bersama pengunjung virtual lain sambil menonton aktivitas yang sedang berlangsung. 

Bila tak ingin ketinggalan acara pelantikan Hachiko sebagai wali kota virtual yang rencananya digelar akhir Oktober, pastikan untuk selalu mengecek situs resmi kampanye Crowdfounding You Make Shibuya untuk mencari tahu jadwal pastinya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here