Fiji Buat Kegiatan #DiRumahAja Jadi Lebih Berarti

Fiji dengan pesona alamnya yang menakjubkan telah berhasil memikat hati ratusan ribu wisatawan dari berbagai belahan bumi. Hamparan pasir lembut, air laut jernih yang berwarna pirus, dan koleksi terumbu karang warna-warni hanyalah sebagian kecil dari keindahan Fiji. Selama bertahun-tahun, Fiji pun selalu memprioritaskan pariwisata berkelanjutan dan berusaha mempertahankan keindahan alamnya bagi wisatawan maupun warga setempat.

Kini dengan banyak negara yang mengatur pembatasan perjalanan dan memberlakukan lockdown, Fiji mengajak orang-orang untuk menghabiskan waktu di rumah dengan lebih memerhatikan isu-isu lingkungan. Fiji sudah menyusun serangkaian kegiatan yang bisa dilakukan di rumah untuk berkontribusi terhadap lingkungan, yakni sebagai berikut.

  1. Mendapatkan Sertifikat Ekologi Penyu

Anda bisa mendapatkan sertifikat ekologi penyu selama diam di rumah. Volivoli Beach Resort membantu Anda mendapatkan sertifikat ini melalui kelas digital di laman ini. Kelas ini terutama dirancang untuk anak-anak, tetapi bisa juga diikuti oleh semua orang.

Di kelas tersebut, Anda akan belajar segala hal terkait jenis dan kehidupan penyu. Mulai dari cara mengidentifikasi setiap spesies, pola kawin dan perkembangbiakannya, pola berenang dan berimigrasi, sejak kapan penyu menjajaki bumi, dan masih banyak lagi.

  1. Mengadopsi Ikan Pari Manta

Kokomo Private Island Resort memberi kesempatan bagi Anda untuk mengadopsi ikan pari manta. Inisiatif ini dilakukan untuk membantu melindungi ikan pari manta di perairan sekitar resor. Berkat program adopsi ini, ikan pari manta bisa dinikmati oleh generasi yang akan datang. Proses adopsi bisa dilakukan melalui Manta Trust di laman ini.

  1. Membahas Isu Lingkungan Bersama Turtle Talks

Turtle Island Fiji menghadirkan Turtle Talks, sebuah serial percakapan tentang isu-isu lingkungan. Anda bisa mendengarkan percakapan ini di sini. Beberapa topik yang dibahas terkait sumber energi ramah lingkungan, efek dari polusi, keseimbangan hidup manusia dengan alam, dan banyak lagi. Ada 12 episode dalam serial ini yang dapat Anda nikmati selama diam di rumah.

  1. Mengadopsi Hiu

Selain ikan pari, pecinta hewan laut juga bisa mengadopsi hiu Fiji. Setiap hiu yang diadopsi akan dilengkapi dengan nama, kepribadian, dan riwayat pelacakannya untuk menentukan pergerakannya dan kapan ia mungkin muncul kembali. Uang yang didapatkan dari program My Fiji Shark ini akan digunakan untuk membiayai penelitian lanjutan, membangun pusat konservasi hiu dan program pengelolaan perikanan, dan membangun laboratorium hiu independen untuk kebutuhan penelitian konservasi hiu di dalam negeri. Proses adopsi hiu dapat dilakukan melalui situs ini.

  1. Menjadi Ahli Biologi Kelautan dari Rumah

Six Senses Fiji, bersama hotel-hotel Six Senses lainnya di daerah lain, telah meluncurkan program At Home With Six Senses. Program ini menawarkan serangkaian tutorial virtual seperti Live Naturally, yang mencakup kegiatan virtual ramah lingkungan. Di dalamnya juga ada kursus biologi kelautan junior yang dipimpin langsung oleh tim dari Six Senses Laamu. Kursus interaktif ini meliputi berbagai aktivitas, seperti lembaran kerja, tugas-tugas, dan banyak lagi. Untuk mengikutinya, Anda dapat mengunjungi laman ini.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here