Rute Bus Ambisius, Lintasi 18 Negara dari New Delhi hingga London

Di antara berita turunnya okupansi maskapai di tengah pandemi, perusahaan perjalanan di India akan meluncurkan proyek transportasi ambisius, yaitu layanan bus yang membawa penumpang lintasi 18 negara, dari New Delhi hingga London. Rute panjang lintas benua ini diumumkan 15 Agustus kemarin, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan India.

Dilansir dari News 18 India, layanan bus ini akan menarik biaya sekitar 1.500.000 rupee  atau 20.500 dolar AS per penumpang. Adventures Overland, perusahaan pariwisata yang meluncurkan layanan ini, juga menyediakan layanan mengurus visa penumpang, termasuk menyediakan paket perjalanan dan menginap di hotel bintang empat atau lima.

Berkapasitas 20 penumpang, Bus to London menawarkan konsep hop-on hop-off dan akan melakoni perjalanan sejauh 18.000 kilometer selama 70 hari. Bus ini akan melintasi sejumlah negara, antara lain Myanmar, Thailand, Laos, Tiongkok, Kyrgyzstan, Uzbekistan, Kazakhstan, Rusia, Latvia, Lithuania, Polandia, Republik Ceko, Jerman, Belanda, Belgia, dan Prancis.

Layanan rute bus ini berasal dari gagasan salah satu pendiri Adventures Overland. Ia dan rekan-rekannya pernah melakukan road trip dari India ke London selama tiga tahun berturut-turut, yaitu pada 2017, 2018, dan 2019. Saat ini Adventures London sedang mempersiapkan perjalanan darat perdana yang akan diberangkatkan pada Mei 2021.

Rute Bus Terpanjang di Dunia

Di periode 1968 hingga 1976, pernah ada bus yang beroperasi dengan rute terpanjang di dunia, yakni dari London hingga Kolkata, termasuk Sydney. Dijuluki Albert, bus bertingkat (double decker) ini menghabiskan hari-harinya di jalan melintasi 11 negara, dengan total jarak tempuh lebih dari 32.000 kilometer.

Saat itu, pejalan yang ingin melakukan perjalanan panjang melintasi benua bersama Albert, mesti merogoh kocek 145 poundsterling untuk rute London-Kolkata. Sebagai gantinya, penumpang bus Albert dapat menikmati kemewahan bus tingkat yang menawarkan fasilitas menyenangkan pada masanya.

Dek bawah bus Albert terdiri ruang membaca dan makan, sedangkan di dek atas terdapat area observasi. Bus Albert juga dilengkapi dapur dengan perangkat memasak, termasuk radio dan alat pemutar musik jika penumpang ingin menggelar pesta di tengah perjalanan.

Tak hanya melintasi belasan negara, Bus Albert juga melewati destinasi tersohor dunia, seperti Golden Horn di Istanbul, Peacock Throne di Delhi, Taj Mahal di Agra, Draconian Pass, Rhine Valley, Blue Danube, selain menyisihkan waktu bagi penumpang untuk belanja di Kabul, Teheran, Wina, Salzburg, dan kota-kota lainnya.

Bus Albert sudah melakoni 15 perjalanan antara Kolkata dan Inggris, di mana empat perjalanannya mencapai Australia pada 1976. Bus Albert sudah melintasi lebih dari 150 perbatasan negara tanpa banyak kendala dan mendapat label sebagai duta besar yang bersahabat.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here