Dari Wisata Alam hingga Budaya, Ini Destinasi Terfavorit di Kota Kinabalu

Merupakan ibu kota Sabah, negara bagian terbesar kedua di Malaysia, Kota Kinabalu menawarkan banyak tujuan wisata menarik, sehingga tak heran bila banyak orang kemari untuk menikmati keindahan alam dan keberagaman budayanya.

Bagi pelancong bujet pun, destinasi ini kian diminati karena kota ini memiliki beragam opsi akomodasi yang nyaman dan terjangkau, selain menawarkan akses mudah untuk menjangkau sejumlah tempat wisatanya. Bila baru pertama kali ke Kota Kinabalu, pastikan mengunjungi tempat-tempat berikut ini.

  • Filipino Market

Namanya konon diambil dari banyaknya warga keturunan Filipina yang dulu menggelar dagangan di sini. Disebut juga Kinabalu Handicraft Center, tempat ini buka tiap hari pukul 09:00 hingga 21:00.

Jangan ragu untuk menawar dan siapkan tas besar untuk memborong karena Filipino Market tak hanya dipenuhi handicraft dan perhiasan, tapi juga perabotan rotan, ukiran kayu, gerabah dan aneka kaos yang dapat dijadikan oleh-oleh.

Tak jauh dari sini terdapat berbagai kudapan khas Kota Kinabalu dari hasil laut, seperti ikan asin, ikan teri goreng, dan rumput laut, yang semuanya dijual murah. Jangan lewatkan kerupuk amplang (kerupuk ikan), kuih cincin atau kue khas Sabah yang dibuat dari tepung beras dan gula merah, serta penjeram atau kue yang terbuat dari tepung, gula merah, dan santan.

  • Mari Mari Cultural Village

Cara terbaik untuk mengenal kekayaan budaya Sabah adalah dengan mengunjungi Mari Mari Cultural Village. Desa wisata ini menyajikan potret kehidupan warga setempat, lengkap dengan rumah adat dan tradisi yang masih dipegang turun temurun.

Pengunjung juga bisa merasakan sendiri proses pembuatan tato khas suku Kadazan (suku mayoritas di Sabah), menggunakan senjata tradisional, belajar menari, dan menyantap ulat sagu.

  • Tunku Abdul Rahman Marine Park

Sabah populer dengan wisata baharinya. Menyeberanglah dari Jesselton Point Terminal di Kota Kinabalu menuju Tunku Abdul Rahman Marine Park yang terdiri dari lima pulau eksotis yang dikelilingi pantai-pantai cantik, yaitu Gaya, Mamutik, Sapi, Sulug, dan Manukan.

Snorkeling, sea walking, parasailing, dan menunggangi banana boat bisa dilakukan di sini. Bagi penyuka tantangan, silakan meluncur dengan zipline antarpulau terpanjang di dunia dari Pulau Gaya ke Pulau Sapi dengan hamparan birunya Laut China Selatan di bawah kaki.

  • North Borneo Railway

Bermula dari Stasiun Tanjung Aru, penumpang yang naik lokomotif uap kuno produksi Inggris Raya ini akan diajak melewati pedesaan, sawah, dan hutan bakau. Perjalanan akan berakhir di Papar sebelum berbalik arah ke Kota Kinabalau.

Atraksi unik di sini adalah proses perputaran lokomotif untuk menarik gerbong tua ke arah berlawanan. Dalam perjalanan pulang, kereta juga akan mampir di Kinarut untuk mengunjungi kuil Buddha dan dilanjutkan dengan makan siang yang disajikan dengan gaya kolonial.

  • Gunung Kinabalu

Merupakan ikon Sabah, gunung setinggi 4.095 meter ini adalah salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara. Berlokasi di Kinabalu Park yang merupakan situs warisan dunia UNESCO, gunung ini dapat didaki oleh pemula sekalipun.

Ada dua jalur untuk mendakinya, yaitu Summit Trail dan Mesilau Trail. Keduanya sama-sama menghadirkan pemandangan menakjubkan dengan aneka flora dan fauna yang cuma ada di Borneo. Sebelum mencapai puncak, pendaki harus melalui Laban Rata yang merupakan pos terakhir sebelum menuju puncak. Baru menjelang subuh, pendakian dilanjutkan untuk menyaksikan matahari terbit.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here