Buat Petualang Sejati, Ini 9 Aktivitas Antimainstream di Hong Kong

Berniat kembali ke Hong Kong untuk liburan selanjutnya? Jangan khawatir, meski Anda sudah pernah kemari beberapa kali, wilayah ini tak pernah kekurangan aktivitas dan atraksi menarik untuk para pelancong. Berikut sejumlah kegiatan unik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Hong Kong.

  • Memotret gedung-gedung fotogenik

Saat mencari Hong Kong di Instagram maupun media sosial lainnya, pernahkah menemukan foto-foto Instagenik yang diambil di lapangan basket dengan gedung-gedung apartemen warna-warni di sekelilingnya? Lokasi pengambilan foto yang terkenal itu adalah di Choi Hung Estate. Sejak populer sebagai latar foto, kawasan perumahan di pusat Hong Kong ini selalu ramai oleh turis setiap harinya. Karena itu, sebaiknya datang sepagi mungkin agar saat pemotretan pun tak banyak orang lalu-lalang.

Opsi lainnya adalah menuju Monster Building yang terkenal sebagai latar dalam Transformers: Age of Extinction (2014). Dibangun tahun 1960-an, bangunan raksasa di Quarry Bay yang tampak seperti satu kesatuan ini sebenarnya terdiri dari lima menara apartemen yang saling terhubung dan membentuk huruf E.

  • Mengunjungi kota hantu Ma Wan

Meski Hong Kong terkenal dengan populasi manusianya yang tinggi dengan lahan yang terbatas, namun masih ada beberapa desa telantar yang tersebar di seluruh penjuru kota dan beberapa pulau terpencilnya. Salah satunya yang paling terkenal adalah Kota Hantu Ma Wan, kota nelayan yang dahulu berkembang pesat, yang kemudian ditinggalkan penduduknya karena rencana pembangunan kompleks apartemen mewah baru. Deretan rumah, restoran, dan pusat komunitas yang telantar di kawasan ini memungkinkan pengunjung untuk melihat sekilas kehidupan penduduknya di masa lalu.

  • Menjajal glamping di Mingle Farm

Ingin menjajal pengalaman menginap unik untuk liburan Anda di Hong Kong? Lupakan hotel-hotel mewah di pusat kota, dan cobalah tinggal di Mingle Farm. Akomodasi ini menawarkan aecosphere (tenda mewah berbentuk gelembung transparan), yang memungkinkan tamu untuk tidur di bawah langit malam penuh bintang. Mingle Farm juga memiliki opsi akomodasi unik lainnya, seperti tenda bulat setengah transparan, istana balon warna-warni, karavan, dan rumah lipat.

  • Mengikuti berbagai misi permainan seru di Running Games

Terinspirasi variety show Korea yang populer, Running Man, di mana para anggotanya mesti menyelesaikan berbagai misi yang seru dan menantang, Running Games mengajak pesertanya untuk melakukan hal yang sama melalui serangkaian minigame. Semua permainan ini sendiri berlangsung di tiga zona bertema rumit, termasuk papan catur berukuran asli – mirip seperti yang ada di film Harry Potter.

  • Memburu barang antik di Cat Street Market

Cat Street Market adalah tempat berkumpulnya pedagang barang antik dan galeri seni yang fantastis. Anda akan menemukan berbagai objek yang sangat unik di sini, dari botol tembakau antik, hingga poster propaganda Revolusi Kebudayaan. Jam operasional toko-toko di sini bervarisi, namun biasanya buka sekitar pukul 11:00 hingga 19:00, atau bisa lebih malam lagi. Tutup tiap Minggu, stasiun metro terdekat dari pasar ini adalah Sheung Wan.

  • Menonton film klasik Hong Kong

Hong Kong Film Archive menyelenggarakan pemutaran reguler untuk film-film klasik Hong Kong, dengan banyak di antaranya berupa film bisu dan film hitam-putih. Lihat jadwalnya di situs resminya, dan pilih film yang ingin Anda tonton. Tak perlu khawatir, jadwal tersebut juga menyertakan film-film mana saja yang menyertakan subtitle Inggris. Beberapa di antaranya bahkan dapat dinikmati secara gratis. 

  • Menikmati pertunjukan opera Kanton

Tertarik menonton pertunjukan opera? Cari tahu jadwalnya di beberapa venue yang menyuguhkan pertunjukan tersebut secara berkala, seperti Ko Shan Theatre and New WingYau Ma Tei Theatre, dan Sunbeam Theatre.

  • Mencicipi kopi di dalam toko obat Tai Wo Tang

Tai Wo Tang adalah kedai kopi di Kowloon yang menempati bekas bangunan toko obat tradisional Cina yang dibuka tahun 1930-an. Untuk melestarikan dan merayakan sejarahnya sebagai apotek, sebagian besar perabotan dan dekorasi asli – termasuk papan nama emas ikonisnya – tetap dibiarkan utuh. Anda dapat memesan menu Barat seperti  cold-brew coffee dan roti panggang avokad, atau memilih minuman yang terinspirasi dari pengobatan Cina, seperti teh untuk vitalitas tubuh.

  • Melihat 10.000 patung Buddha

Sejumlah 431 anak tangga yang mengarah ke Ten Thousand Buddhas Monastery dihiasi dengan deretan patung Buddha dalam berbagai pose di kedua sisinya. Setibanya di kompleks kuil, yang juga dikenal sebagai Man Fat Sze, Anda akan mendapati lebih dari 12.000 patung berlapis emas, selain juga paviliun cantik dan pagoda merah. Dari sini jugalah Anda dapat menikmati panorama Sha Tin dan pegunungan di sekitarnya yang layak menghiasi laman akun Instagram.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here