Gowes Off-road ke Danau Quarry, Pemandangannya Cantik Banget!

Foto: Instagram @yadirestiyadireal.jpeg

Kecamatan Rumpin di Kabupaten Bogor tak hanya terkenal dengan Gunung Munara yang cocok untuk pendakian singkat. Dari sini, kamu dapat melanjutkan gowes ke Danau Quarry yang terletak di Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg. Kalau naik sepeda, jaraknya sekitar 7,3 km dari Pasar Rumpin. 

Perjalanan kemari membutuhkan perjuangan ekstra, terlebih bila menggunakan kendaraan, karena jalannya rusak, banyak lubang, dan berpasir. Kalau mau sekalian berwisata petualang, sekalian saja menggowes sepedamu kemari. 

Foto: Instagram @zenoors

Namun, pastikan sepedamu dalam kondisi prima ya. Jangan lupa pula untuk banyak bertanya kepada penduduk setempat dan jangan sepenuhnya mengandalkan Google Maps atau aplikasi peta digital lainnya, karena bisa saja kamu tersesat. Belum lagi tidak ada papan petunjuk sama sekali untuk menuju danau. 

Mendekati lokasi, kamu akan disuguhi pemandangan persawahan dan perbukitan hijau. Sesekali truk-truk besar akan melintas sehingga debu bertebangan, sehingga pastikan untuk selalu mengenakan masker dan membawa masker cadangan – siapa tahu kotor di tengah jalan. 

Foto: Instagram @harunarrasyid18

Karena jarang ada pepohonan di sepanjang jalan, datanglah menjelang sore ketika cuacanya tidak terlalu terik. Begitu sampai di lokasi, kamu bisa menikmati keindahan danau berwarna biru kehijauan yang dikelilingi tebing batu. 

Banyak spot cantik di sini yang bisa dijadikan latar berfoto. Namun, pengunjung tidak diperbolehkan berenang di sini demi keselamatan, karena danaunya lumayan dalam. 

Foto: Instagram @lestariuwie

Sesuai namanya, Danau Quarry ini merupakan tempat bekas galian tambang yang membentuk sebuah cekungan. Karena kegiatan pertambangan berhenti, bekas galian tersebut pun digenangi air hujan selama bertahun-tahun, hingga akhirnya membentuk danau seperti yang bisa dilihat saat ini. Kalau dilihat dari atas, keindahannya bahkan disebut-sebut tak kalah dengan Danau Kelimutu di Flores. 

Tempat ini sendiri tidak dikelola sebagai tempat wisata, karena itu jangan berharap ada fasilitas yang memadai di sini. Pengunjung yang membawa sepeda atau motor bisa masuk dari samping portal, dengan biaya Rp5.000 untuk sepeda dan Rp20.000 untuk motor.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here