Terungkap! Ini 4 Tren Wisata Generasi Z

Setiap generasi memiliki gaya liburannya sendiri. Generasi yang lebih tua seperti Baby Boomers (lahir tahun 1946-1964) hingga Generasi X (lahir tahun 1965-1980) biasa memprioritaskan liburan berkualitas dengan keluarga. Sementara itu, generasi muda yang dikenal dengan Generasi Z (lahir tahun 1995-2010) lebih menyukai perjalanan berbasis aktivitas, seperti melancong untuk acara khusus seperti konser, atau memprioritaskan perjalanan dalam bucket list mereka.

Jadi, seperti apakah tren wisata yang diminati oleh Generasi Z? Berikut adalah daftarnya.

  1. Mencari Pengalaman Baru

Pelancong dari generasi yang lebih tua biasanya akan puas dengan liburan ke gunung, pantai, atau tempat-tempat lainnya yang bukan rumah mereka. Namun, Generasi Z tidak puas dengan perjalanan macam ini. Generasi ini ingin merasakan pengalaman baru dalam perjalanan yang mereka lakukan.

Ada berbagai pengalaman yang dicari oleh Generasi Z. Mereka ingin belajar bahasa setempat, mencoba olahraga baru, memasak makanan khas, dan banyak lagi. Oleh karena itu, destinasi tujuan yang dipilih oleh Generasi Z biasanya harus menawarkan berbagai kegiatan dan aktivitas.

  1. Dipengaruhi Instagram

Sebagai generasi yang tumbuh bersama Internet, tidak mengherankan bahwa Generasi Z biasa menemukan inspirasi perjalanan mereka di media sosial. Instagram secara khusus mengambil posisi paling atas sebagai sumber inspirasi Generasi Z. Platform media sosial ini memang menawarkan berbagai foto-foto indah dan menggiurkan dari seluruh penjuru bumi yang dapat menimbulkan inspirasi perjalanan.

Instagram juga sangat memengaruhi tempat-tempat tujuan wisata yang ingin dikunjungi, terlebih lagi jika teman sendiri yang mengunggah foto perjalanan tersebut. Hal tersebut seakan memvalidasi keindahan tempat wisata yang membuat orang-orang semakin tertarik mengunjunginya.

  1. Senang Mengunjungi Lokasi Film

Bepergian untuk mengunjungi lokasi film bukan lagi hal yang baru. Namun tren ini semakin populer di kalangan generasi Z. Keindahan lokasi yang ditampilkan dalam film-film ini sangat mudah menginspirasi generasi Z. Bahkan, para pelancong generasi Z ini biasa akan mengikuti tur seharian penuh untuk berkeliling ke seluruh sudut lokasi perfilman.

Tren ini juga semakin populer dengan keberadaan Internet. Saat ini, orang dapat dengan mudah mencari lokasi spesifik yang menjadi latar tempat suatu film atau serial televisi favoritnya. Entah itu kota, pantai, gunung, atau bahkan restoran yang muncul selama beberapa menit, semua bisa dicari dengan kata kunci yang tepat.

  1. Mencari Penawaran Terbaik

Generasi Z mungkin punya daftar panjang destinasi wisata impian yang terinspirasi dari Instagram maupun film. Namun masalah keuangan masih menjadi pertimbangan utama. Biasanya, generasi Z memilih untuk melakukan perjalanan ke destinasi wisata yang tidak terlalu jauh agar bisa menghemat biaya. Namun bukan berarti generasi Z tidak bisa memenuhi bucket list mereka, apalagi dengan keahlian berselancar di Internet yang mereka miliki.

Generasi Z banyak menggunakan mesin pencarian Google demi menemukan penawaran terbaik untuk rencana perjalanan mereka, mulai dari tiket pesawat, hotel, hingga tiket masuk atraksi wisata. Ditambah dengan jadwal yang tidak terlalu padat, tidak sulit bagi mereka untuk menemukan penawaran menarik ke destinasi impian mereka.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here