Bagai Taman Bunga, Hamparan Kincir Angin di Batu Ini Tampil Warna-warni

Dari kejauhan, Bumi Kitiran terlihat seperti bukit luas yang dipenuhi dengan bunga beraneka warna. Namun ternyata, warna-warni ini muncul dari ribuan kincir angin yang ditancapkan di lahan berbukit ini. Tidak tanggung-tanggung, ada kurang lebih 24 ribu kincir angin di Bumi Kitiran. Dengan keunikan tempat ini dan pemandangannya yang indah, Bumi Kitiran pun menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Batu, Jawa Timur.

Sebelum menjadi tempat wisata berisi ribuan kincir angin, Bumi Kitiran awalnya digunakan sebagai lahan perkebunan jeruk. Namun, perkebunan jeruk ini sering merugi karena kerap gagal panen sehingga akhirnya dijadikan tempat wisata. Lahan seluas 6.000 meter persegi ini pun disulap menjadi taman kincir angin beraneka warna. Ada kincir angin berwarna merah, biru, hijau, kuning, oranye, dan banyak variasi warna lainnya. Semua kincir angin ini disusun dalam barisan rapi berdasarkan warnanya. Bila dilihat dari kejauhan, susunannya membentuk tampilan bukit pelangi yang indah. Ada juga kincir angin yang disusun dengan kerangka khusus membentuk pola-pola unik seperti kepala binatang. Saat angin berdesir, ribuan kincir angin ini akan berputar dengan indahnya.

Instagram @ahmed25_al.ali

Dalam sehari, Bumi Kitiran bisa kedatangan hingga 100 wisatawan. Jumlah ini meningkat hingga lima kali di akhir pekan menjadi 500 orang. Kebanyakan wisatawan datang dari Malang, Kediri, dan Surabaya untuk berburu spot foto yang unik. Di sini, wisatawan dapat berjalan di antara jajaran kincir angin dan berfoto di tengah-tengah hamparan ribuan kincir angin beraneka warna. Bukit-bukit ini juga sudah dilengkapi dengan undakan tangga sehingga wisatawan dapat naik ke atas bukit tanpa kesulitan. Dari atas sini, keindahan Bumi Kitiran akan semakin jelas terlihat. Puncak-puncak bukit ini juga dapat dijadikan spot foto menarik dengan pemandangan ribuan kincir angin warna-warni di bawahnya.

Saat ini, Bumi Kitiran masih terus menambah berbagai fasilitas pendukung untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Nantinya, di tempat ini juga akan dibangun kafe dan pusat jajanan kuliner untuk tempat beristirahat bagi para wisatawan. Untuk saat ini, wisatawan dapat berlindung dari teriknya matahari di gazebo-gazebo yang tersedia di sekitar taman.

Instagram @putrihgitha

Bumi Kitiran terletak di Kecamatan Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Tempat wisata ini buka Senin-Jumat pukul 09:00-17:00 dan Sabtu-Minggu pukul 07:00-18:00. Harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Dari pusat kota Batu, destinasi wisata ini hanya berjarak 4,6 kilometer dengan waktu tempuh 15-20 menit. Untuk sampai ke Bumi Kitiran, wisatawan dapat mengambil rute ke arah Jalan Raya Dieng lalu ke Jalan Kastubi. Dari sini, belok ke arah kanan ke Jalan Jeruk kemudian belok kiri ke Jalan Langsep. Tetap berada di jalur kiri selama 900 meter hingga sampai di Bumi Kitiran.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here