Tak Banyak Turis Tahu, Ada Air Terjun Terindah di Jepang Dekat Tokyo

Pernah mendengar Three Great Waterfalls of Japan? Sebutan ini diberikan untuk tiga air terjun terbaik di Jepang, yakni Nachi Falls di Nachikatsuura, Prefektur Wakayama, Fukuroda Falls di Daigo, Prefektur Ibaraki, dan Kegon Falls di Nikko, Prefektur Tochigi. Dari tiga air terjun tersebut, yang paling mudah diakses dari Tokyo adalah Kegon Falls.

Terletak di kota pegunungan Nikko yang indah, atau sekitar dua jam naik kereta dari Tokyo Station, daerah ini telah lama terkenal karena keindahan alamnya, dan di masa lalu pernah menjadi tujuan utama bagi para diplomat Eropa untuk membangun rumahnya di Jepang. Dengan begitu banyak pemandangan indah yang ditemukan di satu daerah, tidak mengherankan jika Nikko adalah rumah bagi banyak air terjun yang memukau, termasuk Kegon Falls.

Saat pertama kali melihat keindahan air terjun ini dari dekat, pengunjung pasti mengerti mengapa Kegon Falls dinobatkan sebagai salah satu dari tiga air terjun terindah di Jepang. Dengan ketinggian yang hampir mencapai 100 meter, air terjun ini tampak megah dengan pepohonan rimbun di sekitarnya. Suasananya tenang, selain jarang turis yang datang kemari, sehingga pengunjung pun dapat berlama-lama menikmati deburan suara air terjun yang menenangkan sembari melihat pemandangannya yang berubah seiring musim.

Di akhir musim semi hingga awal musim panas, panoramanya didominasi dengan tumbuhan hijau yang subur. Musim gugur merupakan musim kunjungan populer, karena wisatawan dapat menikmati keindahan perubahan warna-warni daun pada pepohonan di sekitar air terjun. Sementara di musim dingin, pengunjung dapat melihat perairannya yang setengah membeku dan salju yang menyelimuti hamparan tebing di sekitarnya.

Pengunjung dapat menikmati keindahan Kegon Falls yang aliran airnya dari Danau Chuzenji ini dengan dua cara, yakni dari dek observasi di sisi atas air terjun yang dapat diakses secara gratis, ataupun platform di bagian bawah air terjun dengan tiket masuk 570 yen untuk dewasa dan 340 yen untuk anak-anak. Untuk mencapai platform, pengunjung mesti turun terlebih dahulu dengan lift ke kedalaman 100 meter. Yang disebut terakhir ini terutama direkomendasikan, karena selain pemandangannya lebih indah, di musim dingin air terjun ini sulit terlihat dari atas karena tertutup kabut tebal.

Opsi lainnya untuk menikmati panorama Kegon Falls dengan Danau Chuzenji adalah dari Akechidaira Observatory, yang dapat diakses dengan naik kereta gantung dari Akechidaira Plateau.

Akses: Dari Tokyo Station, Anda dapat naik JR Shinkansen menuju Utsunomiya Station selama 50 menit, kemudian berganti ke JR Nikko Line menuju Nikko Station atau Tobu-nikko Station selama 43 menit.

Opsi lainnya adalah naik JR Joban dari Tokyo Station menuju Kita Senju Station selama 15 menit, kemudian naik kereta Tobu Spacia atau Tobu Liberty (2.750 yen) ke Nikko Station atau Tobu-nikko Station selama 95 menit. 

Setibanya di Nikko Station atau Tobu-nikko Station, naik Tobu World Heritage Sightseeing Bus menuju Chuzenji Onsen Bus Stop selama 50 menit dengan tiket satu arah 1.150 yen. Setibanya di terminal, dapat berjalan kaki selama lima menit menuju Kegon Falls. Air terjun ini beroperasi tiap hari pukul 09:00 hingga 16:30.

Kunjungan ke Kegon Falls dapat dipadukan dengan wisata ke Toshogu Shrine yang juga terletak di Nikko.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here