Menanti Fenomena Air Terjun Api di Taman Nasional Yosemite

Setiap Februari, ribuan wisatawan memenuhi area sekitar Horsetail Fall di Taman Nasional Yosemite, California. Tujuannya hanya satu, yakni melihat fenomena air terjun api atau firefall yang muncul antara pertengahan hingga akhir bulan ini. Di waktu yang tepat, wisatawan dapat melihat air terjun berwarna merah menyala seperti api yang mengalir turun dari celah-celah bebatuan.

Lelehan api yang turun dari lereng batu ini sebenarnya merupakan pantulan sinar matahari terbenam. Pada posisi yang tepat, sinar matahari sore akan mengenai aliran air dan membuatnya seakan-akan tengah membara. Namun, hal ini bukan berarti Horsetail Fall akan membara setiap hari saat matahari terbenam. Ada beberapa faktor alam yang harus bekerja secara bersamaan supaya fenomena ini dapat terjadi, mulai dari tingkat kelembapan yang tinggi supaya air terjun bisa mengalir deras, langit yang bersih agar cahaya matahari tidak terhalang gumpalan awan, dan posisi matahari yang sempurna untuk menyinari air terjun setinggi 305 meter ini.

Bila beruntung, wisatawan akan disuguhkan pemandangan spektakuler ini selama 10-15 menit sebelum matahari benar-benar tenggelam. Sebuah waktu yang sangat singkat untuk fenomena yang membutuhkan banyak unsur persiapan. Namun justru dengan waktu yang singkat ini para wisatawan benar-benar bisa menghargai keindahan fenomena firefall ini. Mereka juga tidak pernah bosan untuk datang ke tempat ini setiap tahunnya. Bahkan, para wisatawan rela datang sejak pagi hari untuk mendapatkan spot terbaik di sekitar Horsetail Falls.

Penantian Tak Pasti

Tahun ini, fenomena firefall diperkirakan akan terjadi antara 13 hingga 27 Februari. Namun hingga kini, belum ada tanda-tanda kehadiran lelehan api membara ini. Penyebabnya adalah tingkat air yang rendah di kawasan air terjun Horsetail Fall. Air terjun ini memang merupakan air terjun musiman di mana aliran airnya berasal dari lelehan salju dan air hujan. Selama musim dingin kemarin, salju di kawasan Taman Nasional Yosemite nyaris tidak ada. Saat ini, curah hujan di California pun cenderung rendah sehingga Horsetail Fall ikut mengering.

Meski kepastiannya masih dipertanyakan, pengelola Taman Nasional Yosemite sudah mempersiapkan satu area khusus untuk melihat fenomena langka ini. Area khusus ini berada di lahan piknik El Capitan, sekitar 2,5 kilometer dari tempat parkir kendaraan di Yosemite Falls. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, wisatawan tidak dapat melihat femomena firefall dari area antara Swinging Bridge hingga El Capitan dekat Southside Drive dan area Sungai Merced. Pengelola menutup area-area ini untuk mencegah kerusakan tumbuhan dan erosi akibat banyaknya wisatawan yang datang untuk menyaksikan fenomena firefall. Namun, dengan kondisi air di Horsetail Fall yang kurang mendukung, diperkirakan jumlah wisatawan akan mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here