Selain Berkemah, Ini Aktivitas Seru Lainnya di Ranca Upas

Bosan dengan hiruk-pikuk kota yang seakan tak ada habisnya? Cobalah tinggalkan semua itu sejenak dengan berkemah di Kampung Cai Ranca Upas, Ciwidey, Bandung. Medan yang cukup mudah serta keindahan alam yang tidak ada duanya menjadi nilai jual utama dari bumi perkemahan ini. Tenang, tidak perlu jadi seorang profesional untuk berkemah di sini. Anda bisa mengajak teman, saudara, atau keluarga untuk ikut merasakan serunya berkemah di Ranca Upas.

Berbeda dengan tempat perkemahan lainnya di Bandung yang biasa berlokasi di hutan pinus, Ranca Upas terletak di tanah yang luas dan cukup datar dengan pepohonan yang menjulang tinggi di sekelilingnya. Karena letak Ranca Upas yang terletak di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, udaha di sana pun sangat sejuk, bahkan cenderung dingin.

Suhu udara bahkan bisa mencapai 5 derajat Celsius dengan suhu tertinggi hanya mencapai 20 derajat Celsius saja. Oleh karena itu, pengunjung yang hendak berkemah di sini harus benar-benar mempersiapkan segala kebutuhan logistik, mulai dari baju-baju tebal hingga perlengkapan kemah yang sesuai.

Bila Anda tidak memiliki perlengkapan kemah sendiri, Ranca Upas siap menyewakannya dengan kisaran harga Rp 250.000 per malam untuk tenda berkapasitas 2-3 orang hingga Rp 350.000 per malam dengan kapasitas 20 orang. Kebutuhan berkemah lainnya, seperti sleeping bag, kayu bakar, atau lampu petromaks, juga tersedia untuk disewa.

Aktivitas di Sekitar Bumi Perkemahan

Apakah kegiatan di sini hanya berkemah saja? Jelas tidak! Ranca Upas dekat dengan tempat penangkaran rusa yang bisa Anda masuki tanpa tambahan biaya apa pun. Rusa jawa dengan nama latin Cervus Timorensis ini dapat berlarian bebas di area penangkaran. Mereka juga sudah terbiasa dengan kehadiran manusia sehingga sudah tidak malu-malu lagi. Kalau mau menyapa mereka dari dekat, Anda bisa membeli wortel kesukaan rusa-rusa ini. Dapat dipastikan Anda akan dikelilingi segerombolan rusa tanpa membutuhkan waktu lama!

Selain penangkaran rusa, ada juga kolam renang air panas. Biaya masuk ke tempat ini sebesar Rp 15.000. Di sini, Anda bisa sekadar bersantai sambil sesekali bermain air. Anak-anak juga dapat ikut bermain air dengan ceria karena di sini juga sudah disediakan kolam anak yang terpisah dari kolam utama. Fasilitasnya pun cukup lengkap dengan adanya toilet dan tempat bilas.

Menikmati Keindahan Alam

Sudah jauh-jauh ke Ranca Upas, tidak lengkap rasanya kalau tidak menikmati langit malamnya yang cantik. Berjarak sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Bandung, tempat ini sangat minim polusi debu dan cahaya. Hasilnya, Anda akan dapat menikmati gemerlap bintang yang menghiasi langit malam.

Baca juga: Ingin Mengajak Anak Berkemah? Ikuti Panduan Ini!

Apalagi kontur tanah di Ranca Upas yang datar membuat langit bisa terlihat dengan jelas. Ditambah dengan embun yang turun menyelimuti tempat perkemahan ini di malam hari, Anda akan serasa sedang terbang di atas awan.

Tentu saja Anda juga tidak bisa melewatkan matahari terbit yang indah di Ranca Upas! Warna jingga yang perlahan-lahan muncul dari ufuk timur akan menambah indah tempat perkemahan ini. Suasana yang dipenuhi cahaya malu-malu matahari pagi dan kabut tipis yang belum hilang membuat siapa saja akan berdecak kagum. Dengan tempat perkemahan yang luar biasa luas, Anda pasti dapat menemukan spot yang bagus untuk mengabadikan momen ini.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here