Ingin Mengajak Anak Berkemah? Ikuti Panduan Ini!

0
361

Berkemah bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk anak-anak. Namun, berkemah sambil membawa anak memiliki tantangannya tersendiri. Agar pengalaman berkemah berlangsung menyenangkan dan meninggalkan kesan bagi Anda dan sang buah hati, ada beberapa tip yang bisa Anda ikuti.

  1. Lakukan Test-Run

Supaya anak tidak kaget ketika harus bermalam dalam tenda di luar ruangan, cobalah untuk mengajaknya tidur menggunakan tenda di halaman belakang rumah. Selain untuk melatih kesiapan anak, Anda juga bisa mempelajari kebutuhan sang anak ketika berkemah. Catat apa saja yang kira-kira perlu Anda bawa untuk memastikan kesuksesan perjalanan ini.

  1. Pelajari Kondisi Cuaca

Anda tentu ingin menghindari musim-musim hujan untuk berkemah. Tempat yang dingin dan basah bukan hanya tidak nyaman, tetapi juga dapat membuat anak Anda sakit. Pelajari kondisi cuaca di tempat tujuan Anda dan rencanakan perjalanan ketika curah hujan rendah. Anda juga bisa menelepon petugas di lokasi untuk mendapatkan rekomendasi waktu-waktu yang tepat untuk berkemah.

  1. Pastikan Keberadaan Fasilitas Umum

Anak-anak biasanya lebih rewel soal urusan toilet dan kamar mandi. Sebelum berangkat, pelajari terlebih dahulu apakah fasilitas yang ada cukup mumpuni untuk anak Anda. Bila terpaksa, Anda bisa menggunakan tisu basah dan sanitizer untuk membersihkan anak.

  1. Libatkan Anak Anda

Supaya si kecil tidak bosan, Anda bisa mengajaknya untuk membantu mengerjakan tugas-tugas ringan dalam berkemah. Misalnya dengan memintanya membersihkan area kemah dari bebatuan, atau sekadar membantu memasukkan barang-barang ke dalam tenda. Ajak juga anak Anda menyiapkan makanan sederhana. Memasak bersama ketika berkemah merupakan kesempatan yang baik untuk mendidik anak lebih menghargai makanan.

  1. Tetap Berpegang Pada Rutinitas

Rutinitas di rumah sebaiknya tetap dijalankan ketika berkemah. Hal ini dilakukan supaya anak tidak rewel. Sebisa mungkin, berlakukan waktu makan, waktu tidur siang, dan waktu tidur malam sesuai dengan kebiasaan di rumah. Rutinitas ini juga penting untuk memastikan si kecil bisa tidur nyenyak dalam tenda ketika waktunya sudah tiba.

  1. Bekali Anak dengan Mainan

Salah satu hal yang juga wajib dibawa adalah mainan. Tentu saja bukan mainan elektronik. Kartu atau permainan papan, misalnya, bisa menjadi pilihan Anda. Mainan juga bisa membuat anak Anda tetap sibuk ketika cuaca di luar kurang mendukung untuk menjelajahi wilayah sekitar.

  1. Siapkan Gelang Glowstick untuk Anak Anda

Anak-anak mungkin malas kalau harus selalu membawa senter ke mana-mana. Oleh karena itu, Anda dapat memberinya gelang glowstick yang bisa dipakai di pergelangan tangan. Dengan gelang ini, Anda bisa mengetahui posisi anak ketika bermain di kegelapan. Gelang-gelang ini juga bisa menjadi mainan yang seru untuk anak Anda.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here