Ashikaga Flower Park, Cantik Dikunjungi Kapan Saja

Bila pernah membaca “Dream Destinations for 2014” versi CNN, Anda tentu tak asing lagi dengan Ashikaga Flower Park, satu-satunya tempat di Jepang yang masuk dalam daftar tersebut. Taman tersebut merupakan rumah bagi pohon wisteria kuno yang berusia 150 tahun, yang mengingatkan akan hutan warna-warni dari film Avatar.

Pemandangan bak negeri dongeng ini begitu indah dan magis, sehingga pengunjung pun bagai masuk ke dalam novel petualangan. Musim mekarnya wisteria ini berlangsung mulai pertengahan April hingga pertengahan Mei, tak lama setelah mekarnya sakura, sehingga bagi yang berniat menikmati keindahan panorama musim semi di Jepang, taman ini merupakan tempat yang wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda.

Indahnya Wisteria

Terletak di Ashikaga, Prefektur Tochigi, atau sekitar 1,5 jam naik kereta dari Tokyo, taman yang membentang di area seluas 94.000 meter persegi ini menawarkan pemandangan cantik sepanjang tahun, namun wisteria yang mekar dalam warna ungu, pink, putih, dan kuning dari pertengahan April hingga pertengahan Mei adalah alasan Ashikaga Flower Park ini begitu terkenal.

Menampilkan Great Wisteria dan White Wisteria, taman ini bahkan menawarkan iluminasi spektakuler yang disebut-sebut sebagai salah satu pemandangan malam terindah di Jepang.

Tahun ini, Anda dapat menyaksikan keindahan wisteria tersebut mulai 11 April hingga 20 Mei dengan jam operasional mulai pukul 07:00 hingga 18:00, sementara iluminasi lampunya mulai 22 April hingga 20 Mei dengan jam operasional mulai pukul 17:30 hingga 21:00. Tiket masuk untuk melihat wisteria adalah 900-1.900 yen, sementara untuk menyaksikan iluminasi adalah 600-1.600 yen.

Cantik Sepanjang Tahun

Di luar musim semi, pengunjung tetap datang mengunjungi taman ini untuk melihat keindahan bunga-bunga lainnya. Sebut saja hydrangeas di bulan Juni yang mekar dalam warna biru, putih, dan pink; atau amethyst sage yang menghampar luas bagai karpet ungu di bulan Oktober.

Meski bunga wisteria tak mekar di musim dingin, pengunjung tetap datang mengunjungi taman ini untuk melihat keindahan lampu-lampu yang menghiasinya. Mulai akhir Oktober hingga awal Februari, seluruh taman ini dihiasi dengan lampu-lampu Natal, sementara bunga-bunganya yang tak mekar dipercantik dengan dekorasi lampu yang secantik bunga aslinya, sehingga pengunjung pun tetap dapat menikmati keindahannya.

Selagi di sini, jangan lewatkan pula berkunjung ke toko-tokonya untuk melihat beragam tanaman yang dijual, selain juga mengudap berbagai camilan, termasuk Fuji Ice Cream. Es krim yang dibuat dari bunga wisteria dengan tampilan warna ungu ini dapat dijadikan sebagai properti untuk berfoto dengan latar taman yang cantik!

Untuk mengakses taman ini, naiklah kereta JR Shinkansen ke Oyama Station (durasi 42 menit), kemudian transfer ke JR Ryomo Line dan turun di Ashikaga Flower Park Station (durasi 37 menit) yang letaknya persis di seberang taman. JR Tokyo Wide Pass meng-cover semua biaya perjalanan kereta JR untuk perjalanan tersebut.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here