Selain Safari, Ini 4 Aktivitas Seru Lainnya di Gurun Dubai

Seluas 225 kilometer persegi, hamparan padang pasir di Dubai ini menawarkan sejumlah aktivitas seru, mulai dari safari, sandboarding, sand skiing, hingga naik balon udara. Karena hanya 50 menit berkendara dari pusat kota, wisatawan dapat memilih untuk menikmati suasana padang pasir di pagi, sore, atau bahkan bermalam di tenda suku Bedouin untuk merasakan sensasi tinggal di tengah gurun.

Safari

Cara terbaik mengeksplor padang pasir adalah dengan menyewa kendaraan four-wheel drive (4WD) beserta supirnya. Banyak trik yang harus dilakukan agar berkendara di gurun dapat dilakukan secara aman, seperti mengurangi tekanan angin di ban hingga setengah dari normal agar kendaraan dapat lebih mudah melintasi pasir. Selain itu, mobil tak boleh dibiarkan berhenti supaya ban tidak terbenam. Naik mobil di padang gurun pun bagai naik roller coaster karena mobil dapat miring hingga 45 derajat, sehingga penumpang harus selalu memasang sabuk pengaman.

Selain melihat antelope dan unta di perjalanan, banyak operator yang menawarkan perjalanan ini menjelang matahari terbenam untuk menikmati gurun yang perlahan berubah kuning keemasan, lalu diakhiri dengan menikmati barbekyu dan menonton tari perut. Desert Safari Dubai menawarkan paket safari seharga mulai 100 dirham per orang, Atlanta Safari Dubai seharga 200 dirham per orang, Arabian Nights Tours seharga mulai 69 dolar AS per orang. Semua harga tersebut termasuk antar jemput dari/ ke hotel dan sejumlah aktivitas tambahan, seperti mampir untuk berfoto di bukit pasir tertinggi, sandboarding atau sand skiing, serta naik unta.

Hindari melakukan safari di musim panas, terutama selama Juli ketika suhu dapat mencapai 50 derajat Celsius. Kebanyakan tur dilakukan Desember hingga Maret. Bila ingin bermalam, Bab Al Shams Desert Resort & Spa yang terletak di Dubai Desert Conservation Reserve dengan harga kamar per malam mulai Rp 3.400.000 dapat menjadi pilihan.

Sandboarding dan Sand Skiing

Memiliki salah satu gumuk pasir terbesar dan tercuram di Timur Tengah, Dubai merupakan surga bagi para penggemar selancar. Di sini jugalah tempat digelarnya Hugo International Sandboarding Championships setiap Januari yang diikuti peserta mancanegara. Bagi yang baru pertama kali mencoba sandboarding atau sand skiing, tak perlu khawatir, karena rata-rata operator tur menawarkan harga paket yang sudah termasuk pemandu berpengalaman. Viator misalnya, mematok tarif 55 dolar AS per orang untuk selancar pasir selama empat jam, pengalaman off-road dengan kendaraan 4WD, dan antar jemput dari/ke hotel.

Naik Balon Udara

Untuk mengikuti aktivitas ini, pastikan bangun lebih pagi agar pukul 04:30 sudah tiba di lokasi yang ditetapkan operator untuk mengudarakan balon. Penumpang akan dimanjakan dengan pemandangan matahari yang perlahan terbit dan menyinari hamparan pasir dari atas balon yang melayang perlahan sehingga tidak menakutkan. Satu balon dapat menampung hingga 24 orang, dan masih ada ruang untuk bergerak, sehingga penumpang tetap nyaman. Ditemani oleh pemandu yang akan menjelaskan tentang tempat-tempat yang dilalui, aktivitas ini dapat dipesan melalui sejumlah operator, seperti Viator seharga 343 dolar AS per orang atau Balloon Adventures Emirates seharga 1.250 dirham per orang.

Bermain Drum

Setiap bulan, Dubai Drums menggelar Full Moon Desert Drumming untuk mengajak wisatawan bermain drum bersama di tengah gurun. Mereka dapat duduk di deretan alas duduk empuk yang telah disediakan sembari menabuh drum sesuai arahan fasilitator agar harmoni tetap terjaga. Kegiatan yang terutama menyenangkan dilakukan bersama keluarga ini dapat dipadukan dengan safari sebelum matahari terbenam, serta sandboarding atau sand skiing. Jadwal tersedia di situs resminya, dan harga untuk mengikuti kegiatan ini adalah 280 dirham per orang dan 440 dirham per pasangan (termasuk sewa drum dan makan prasmanan). (Gulf Ventures Camp, Al-Awir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here