3 Kota Biru Terindah di Dunia

Beberapa kota di dunia ini mengingatkan akan desa tempat tinggal Smurf, seakan masyarakatnya memang saling berjanji untuk mengecat biru seluruh bangunan di kota mereka. Berikut tiga kota biru terindah di dunia.

Chefchaouen, Maroko

Disebut Chaouen oleh penduduk setempat, yang berarti tanduk, karena dari kota ini terlihat puncak Pegunungan Rif tampak menjulang di atas kota dan menyerupai tanduk kambing. Kota kecil ini terletak di timur laut Maroko atau sekitar 250 kilometer sebelah timur laut ibukota Rabat. Bangunan di Chefchaouen dicat biru oleh para pengungsi Yahudi pada 1930-an (bahkan batu yang mengelilingi makam pun dicat biru!).

Selain karena alasan keagamaan dan merupakan cerminan dari langit Maroko yang bersih tanpa awan, warna tersebut menyejukkan, terutama bila musim panas datang, dan juga untuk mengusir nyamuk. Selain berjalan di antara gang dengan pancaran warna biru langit yang muncul dari dinding-dinding bangunan, di sini juga dapat dinikmati udara segar yang diiringi suara gemercik air dari sungai sehingga menambah kesempurnaan alam pedesaan di Afrika Utara ini.

Juzcar, Spanyol

Terletak 22 kilometer dari kota bersejarah Ronda di Provinsi Malaga, Andalusia, awalnya kota ini justru dijuluki Kota Putih, karena semua bangunannya bercat putih. Namun pada Juni 2011, kota ini dicat biru sebagai perayaan dari peluncuran film animasi “The Smurfs”. Kemudian pada Desember 2011, Sony Pictures menawarkan untuk mengecat ulang kota tersebut, dan dibutuhkan 4.000 liter cat untuk menyulap semua bangunan di kota ini menjadi biru.

Tokoh kartun bertubuh biru ciptaan komikus Belgia Pierre Culliford ini di Spanyol dikenal sebagai Pitufos. Selain dicat serba biru, gambar-gambar patung karakter Smurf juga memenuhi halaman rumah hingga berbagai ruang publik. Berada di tengah-tengah bukit dengan pemandangan serba hijau, Juzcar tampak mentereng dalam warna birunya yang menyala.

Jodhpur, India

Berada di negara bagian Rajasthan, kota ini terletak di kaki tebing raksasa Mehrangarh Fort atau sekitar 335 kilometer sebelah barat Jaipur. Dikenal sebagai Sun City karena selalu cerah sepanjang tahun, konon kelompok masyarakat berkasta Brahmana lah yang pertama kali mengecat tembok mereka dengan warna biru untuk menandai kasta dan membedakan mereka dari kelompok lain.

Warna biru juga dipercaya akan membuat rumah menjadi dingin dan menampilkan efek riang seperti oasis di tengah-tengah Gurun Thar yang sangat panas. Keindahan kota ini dapat dilihat dari Mehrangarh Fort, dengan tembok setinggi 35 meter yang dilengkapi jendela-jendela batu yang eksotis.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here