Festival Bunga Musim Semi di Jepang

Musim semi sebentar lagi tiba dan para pelancong sudah bersiap diri untuk menyambut datangnya momen bunga-bunga bermekaran untuk pertama kalinya di awal tahun. Jepang menjadi negara favorit untuk merayakan peristiwa cherry blossom, tapi tak hanya sakura yang menjadi daya tarik wisata, ada ragam festival bunga di musim semi yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menikmatinya, apa sajakah itu?

Festival Fuji Shibazakura

Lokasi    : Minamitsuru, Prefektur Yamanashi

Waktu   : 14 April-27 Mei 2018

Merupakan salah satu festival bunga teranyar, yang digelar di Fuji Motosu Lake Resort di Prefektur Yamanashi, yang menyajikan pemandangan bunga-bunga bermekaran aneka warna dengan latar Gunung Fuji yang tersohor itu. Pengunjung bisa menikmati pemandangan cantik ini sejak pukul 08:00-17:00, dengan harga tiket masuk untuk dewasa sebesar 600 yen dan anak 250 yen. Shibazakura adalah jenis bunga kecil yang biasa berwarna merah, merah muda, putih, atau ungu, yang berasa dari Amerika Utara, yang dikenal sebagai Moss Phlox. Rupanya mirip dengan sakura, namun Shibazakura merupakan tanaman merambat yang menutupi tanah seperti rumput. Shiba-zakura sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti rumput ceri.

Festival Freesia

Lokasi    : Pulau Hachijojima

Waktu   : Akhir Maret hingga awal April 2018

Mungkin tak banyak yang familiar dengan Pulau Hachijojima yang berjarak satu jam perjalanan udara dari kota Tokyo. Pulau ini terangkat pamornya berkat kehadiran Festival Freesia yang menghadirkan sekitar 350 ribu bunga freesia yang dapat dipetik bebas oleh para pengunjung yang tersedia di area tertentu. Bunga freesia sendiri adalah salah satu jenis bunga yang paling harum, yang mulai dibudidayakan sejak 1878. Untuk menikmati kecantikan bunga freesia yang biasa berwarna putih, merah, dan kuning ini, pengunjung dapat mengunjungi dari pukul 10:00-16:30.

Festival Wisteria

Lokasi    : Ashikaga, Prefektur Tochigi

Waktu   : 18 April-20 Mei 2018

Setiap tahunnya, Taman Bunga Ashikaga di Prefektur Tochigi kebanjiran pengunjung yang semangat untuk menyaksikan aneka bunga cantik yang bermekaran di Negara Sakura ini, salah satunya adalah bunga wisteria yang memiliki pohon yang besar dan bunga bervarian warna, dari putih, merah mudah, dan ungu. Keunikan festival ini terlihat dari rangkaian bunga wisteria yang tersusun layaknya sebuah terowongan berwarna putih, yang menjadi symbol taman ini. Festival menarik ini sudah berlangsung selama 150 tahun, yang diselenggarakan di lahan seluas 900 meter persegi. Jika berkunjung di periode 21 April hingga 13 Mei, taman bunga ini akan semarak dengan cahaya warna-warni dari lampu yang dinyalakan sepanjang area, yang dimulai dari pukul 17:30-21:00. Untuk tiket masuk, di siang hari dikenakan biaya 900-1.800 yen untuk dewasa dan 500-900 yen untuk anak, sedangkan di malam hari, dikenakan biaya masuk 600-1.500 yen untuk dewasa dan 300-800 yen untuk anak.

Festival Bunga Tulip Serakogen

Lokasi    : Sera, Prefektur Hiroshima

Waktu   : 15 April-14 Mei 2018

Perkebunan Serakogen di Hiroshima menjadi rumah bagi kemeriahan festival bunga tulip yang kerap digelar setiap musim semi. Ada sekitar 75.000 bunga tulip yang ditanam di atas lahan seluas 65.000 meter persegi, yang merupakan lahan terbesar di Jepang untuk menanam tulip. Festival ini begitu indah karena didesain mengikuti warna-warni bunga tulip yang berubah setiap tahunnya. Untuk 2018, festival ini mengangkat temat Kachoufugetsu, yang berarti kecantikan alam Jepang. Pengunjung dapat menghadiri lahan perkebunan tulip mulai pukul 09:00-17:00, dengan tiket masuk 800 yen untuk dewasa dan 400 yen untuk anak. Selain menikmati rangkaian bunga tulip, pengunjung dibebaskan untuk membawa bekal makanan untuk dinikmati di kawasan taman bunga.

Kawachi Fujien

Lokasi    : Kita-Kyushi, Prefektur Fukuoka

Waktu   : Pertengahan April hingga pertengahan Mei

Sama seperti Festival Weesteria di Ashikaga, Kawachi Fujien termasuk salah satu festival bunga favorit yang diselenggarakan di Prefektur Fukuoka. Terkenal dengan terowongan yang tersusun dari bunga wisteria, yang dapat dinikmati pengunjung sesaat setelah memasuki taman. Terowongan yang menyerbakan harum bunga dengan warna-warni yang memukau mata, layaknya sebuah lukisan. Festival ini membangun dua terowongan sepanjang 80 meter dan 110 meter, yang sama-sama menyajikan pemandangan terbaik. Festival ini dibuka mulai pukul 09:00-18:00, dengan tiket masuk 300-1.000 yen, tergantung tahap-tahapan bunga bermekaran. Kawachi Fujien sendiri merupakan taman kecil di daerah pegunungan yang dapat diakses dari Bandara Fukuoka menggunakan Kereta JR menuju Stasiun Yahata sekitar satu jam perjalanan. Kemudian, dilanjutkan naik bus nomor 56 menuju Kawachi Shogakko-Mae sekitar 20 menit dan diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit menuju lokasi taman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here