Pesona Australia Barat

Diawali di Perth, petualangan di Australia Barat bisa dilanjutkan dengan menjelajahi kota-kota dan pulau-pulau di sekitarnya, seperti Fremantle, Pulau Rottnest dan Rockingham. Sebagai pintu gerbang ke berbagai pesona di Australia Barat, Perth tak kekurangan atraksi dengan berbagai bar, restoran, tempat perbelanjaan,dan ruangruang untuk pameran seni budaya. Kota ini juga memiliki taman terbesar di dunia dan pantai-pantai memukau.

  • Kings Park

Seluas 400 hektar, salah satu taman kota terbesar di dunia ini dihuni lebih dari 3.000 spesies flora khas Australia Barat. Selain mengagumi keindahannya, menghirup udaranya yang sejuk, dan menikmati nikmatnya duduk-duduk di bawah pohon rindang, pengunjung juga dapat berpiknik dan berolahraga, selain menghadiri salah satu konser di musim panas dan menonton film dengan layar yang digelar di ruang terbuka.

  • Pantai Cottesloe

Terletak di antara central business district (CBD) Perth dan Fremantle, pantai ini pernah dinobatkan Lonely Planet sebagai pantai kedua paling ramah keluarga sedunia. Selama lebih dari 100 tahun, pantai ini memang telah menjadi destinasi berakhir pekan favorit bagi warga setempat, sehingga di kawasan ini terdapat banyak pilihan akomodasi dan restoran tepi pantai, dengan tetap mempertahankan suasana pedesaan pesisir yang santai. Pantai yang pasirnya keemasan ini juga merupakan salah satu lokasi terbaik di Perth untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

  • Bell Tower

Berjuluk Swan Bells karena menyerupai paruh angsa, landmark utama di Perth ini memiliki satu set lonceng yang mendentingkan musik setiap Senin dan Kamis pukul 12:00 – 13:00 waktu setempat. Setinggi 82,5 meter, pengunjung tak hanya dapat melihat panorama Swan River dan CBD Perth dari ketinggian, namun juga dapat berpartisipasi memasang gembok cinta (dapat dipesan sebelumnya untuk diukir nama pasangan seharga 35 dolar) dan membunyikan lonceng yang dapat memainkan beberapa musik populer dan lagu kebangsaan.

  • Northbridge

Terletak di dekat pusat kota Perth, kawasan Pecinan ini merupakan favorit warga setempat maupun wisatawan untuk bersantap dan berbelanja di malam hari, berhubung banyak tempat di kota ini tutup selepas pukul 17:00. Butik-butik di sini menjual produk setempat, di mana banyak di antaranya menawarkan gaya vintage. Di William Street terdapat toko-toko unik yang menjual pakaian dan aksesori punk, gotik, rock, selain kostum-kostum cosplay. Sementara untuk restoran, yang direkomendasikan adalah Sauma untuk masakan India, Shadow Wine Bar untuk menu klasik Eropa dan koleksi wine-nya, Francoforte Spaghetti Bar untuk aneka pasta, Chimek untuk ayam goreng ala Korea, Lucky Chan’s Laundry + Noodle Bar untuk aneka masakan mi, dan Brika untuk masakan khas Yunani.

  • Fremantle

Dapat diakses hanya dengan 30 menit berkendara dari pusat kota Perth, Fremantle menawarkan keriuhan khas kota pelabuhan. Sempatkan bersantap di bar, kafe, dan restoran terbukanya yang berderet di sepanjang South Terrace, kemudian menyusuri jalanan tuanya yang tercatat sebagi salah satu warisan budaya. Jangan lewatkan juga Fremantle War Memorial yang dikelilingi taman mawar cantik, Round House yang merupakan bangunan tertua di Australia Barat yang sempat berfungsi sebagai penjara, serta Fremantle Markets yang buka hanya di akhir pekan (Jumat hingga Minggu) dan hari-hari libur nasional pukul 09:00 hingga 18:00. Di sini tersedia berbagai produk segar setempat, selain berbagai kerajinan suku Aborgin. Tak jauh dari sini juga terdapat Market Street yang dipenuhi toko buku dan butik unik.

  • Caversham Wildlife Park

Taman margasatwa ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat hewan-hewan unik khas Australia, seperti koala, kanguru, walabi, possum, Setan Tasmania, dan wombat. Di area yang sama juga terdapat Molly’s Farm bagi pengunjung yang ingin mengintip kehidupan di peternakan dan berkesempatan memberi makan kerbau, llama, rusa, dan keledai. Semua pertunjukan, pengalaman interaktif bersama hewan, dan foto sudah termasuk di harga tiket yang dibayarkan.

Rockingham

Hanya 40 menit naik kapal ke arah selatan Perth, tempat ini menawarkan pengalaman berenang dengan lumba-lumba liar. Berenang bersama makhluk cerdas habitatnya ini (bukan di dalam kolam dan melakukan atraksi) merupakan pengalaman yang tak akan terlupakan. Dengan waktu kunjungan terbaiknya mulai September hingga awal Juni, alokasikan setidaknya tiga hingga enam jam untuk menunggu kemunculan lumba-lumba yang waktunya berbeda-beda sesuai musim, kemudian berinteraksi dengan kawanan mamalia air ini. Di sini, pengunjung juga dapat menjelajahi Shoalwater Islands Marine Park yang dihuni oleh kawanan penguin, selain terdapat singa laut dan burung laut Australia yang langka.

  • Pulau Rottnest

Terpisah dari daratan Australia Barat, pulau ini dapat diakses dengan naik feri dari Perth atau Fremantle dengan Rottnest Fast Ferries atau Rottnest Expres. Bagi yang ingin menjauh dari keramaian, pulau ini merupakan pilihan sempurna karena menawarkan suasana tenang. Terdiri sekitar 63 pantai dan 20 teluk, banyak tempat yang dapat dijelajahi dengan menyewa sepeda. Salah satu yang direkomendasikan adalah Oliver Hill yang memiliki meriam raksasa dan terowongan bawah tanah yang dibangun beberapa abad lalu. Sedangkan bagi yang tidak takut matahari, dapat menggelar kain pantai di Little Parakeet Bay untuk berjemur atau berenang, dan yang ingin belajar berselancar dapat menuju Strickland Bay. Untuk menikmati keindahan bawah laut, snorkeling dan menyelam dapat dilakukan di Parker Point dan Fish Hook Bay. Di sini juga dapat disaksikan fenomena langka migrasi paus, selain kerap terlihat anjing laut. Walau begitu, ikon dari pulau ini adalah quokka, hewan langka mirip tikus dengan tubuh sebesar kucing yang saking jinaknya kerap diajak berswafoto oleh para pengunjung.

  • Pinnacles

Berada di Taman Nasional Nambung yang terletak tiga jam berkendara dari Perth, Pinnacles terdiri ribuan menara batu dalam berbagai bentuk dan ukuran yang tersebar di bukit pasir. Diyakini bahwa pilar-pilar batu ini terbentuk dari cangkang kerang pada zaman ketika hamparan pasir di sini berada di bawah laut, di sini juga dapat kadang terlihat sekelompok burung emu. Cara terbaik mengunjungi Pinnacles adalah dengan berkendara dari Perth melewati Indian Ocean Drive yang menawarkan pemandangan menakjubkan, atau yang paling mudah adalah dengan mengambil paket tur yang banyak ditawarkan operator wisata setempat. Kunjungan ini juga dapat dipadukan dengan menuju Lancelin Sand Dunes untuk menikmati berkendara dengan kendaraan four-wheel drive dan melakukan sandboarding.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here