Yang Perlu Diketahui Sebelum Naik Pesawat

Walaupun sering naik pesawat, namun tahukah Anda tentang hal-hal berikut?

  • Kenali perbedaan antara penerbangan langsung dan nonstop, dan selalu pilih opsi yang nonstop karena penerbangan langsung bisa berarti pesawat harus transit di bandara lain sebelum ke tempat tujuan, dan meski durasi transitnya sudah ditotalkan ke perkiraan waktu kedatangan, sangat mungkin terjadi penundaan penerbangan. Bila memungkinkan, pilih penerbangan paling pagi untuk menghindari penundaan pesawat.
  • Pastikan membeli tiket dengan nama yang sesuai kartu identitas diri, dan bila membutuhkan kursi premium untuk penyandang disabilitas, berikan informasi tersebut ketika melakukan reservasi, bukan ketika check-in di bandara.
  • Cek kembali keperluan dokumen dan persyaratan khusus sebelum ke negara tujuan. Afrika Selatan, misalnya, hanya memperbolehkan wisatawan masuk ke negaranya bila halaman paspornya kosong minimal dua halaman. Ketimbang menggunakan pita yang bisa saja terlepas, belilah koper dalam warna atau motif unik untuk membedakannya dengan koper lain.
  • Bila memungkinkan, bawa selimut sendiri (atau syal) karena bantal dan selimut yang diberikan di pesawat biasanya hanya dicuci bila terlihat kotor. Bawa selalu tisu basah untuk melap meja lipat yang juga jarang dibersihkan karena kadang fungsinya tak hanya untuk makan, namun juga untuk mengganti popok bayi!
  • Ketahui kode bandara tujuan dan pastikan label yang terpasang pada bagasi sudah benar. Kemas juga barang elektronik dalam satu tempat. Bila meletakkannya terpisah-pisah, petugas bandara dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk memeriksa koper atau tas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here