Sepedaan Keliling Jakarta, Berawal dan Berakhir di Monas

0
4494

Bagi yang doyan gowes, sudah tahu belum kalau Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan layanan bike sharing alias penyewaan sepeda? Layanan yang sudah ada sejak Juli 2020 ini terutama memudahkan warga ibu kota yang ingin bersepeda di satu lokasi yang cukup jauh dari rumah. 

Tanpa harus membawa sepeda sendiri, kamu dapat menuju ke salah satu lokasi layanan bike sharing tersebut untuk meminjam sepeda dan menjelajah kawasan sekitarnya. Biayanya pun cukup terjangkau, yakni Rp3.000 tiap 15 menit. 

Saat ini, ada setidaknya 900 unit sepeda yang tersedia dan tersebar di 52 lokasi parkir bike sharing di Jakarta. Nah, bagi yang tertarik bersepeda di sekitaran Monas, kamu dapat menyewa sepeda yang ada di dekat Halte Bus Balai Kota. 

Setibanya, kamu dapat langsung menggunakan layanan bike sharing menggunakan aplikasi Gowes yang bisa diunduh di App Store dan Google Play. Jangan lupa untuk melakukan top up saldo terlebih dahulu. Setelah itu, pindai kode QR di unit sepeda, sehingga gembok dapat terbuka dan sepeda siap digunakan. 

Untuk rute gowesnya sendiri, kamu dapat memilih rute yang lebih pendek, seperti keliling Monas beberapa putaran, atau yang lebih panjang hingga ke Jalan Raya Mangga Besar. Berikut detail rutenya. 

Jalan Medan Merdeka Selatan – Jalan Merdeka Barat – Jalan Gajah Mada – Jalan Hayam Wuruk – Jalan Raya Mangga Besar – Jalan Gunung Sahari – Jalan Dokter Sutomo – Jalan Pos – Gereja Katedral – Jalan Lapangan Banteng Selatan – Jalan Medan Merdeka Selatan

Total jarak rute bersepeda di atas sekitar 11,9 kilometer. Karena rutenya di dalam kota, kamu bisa memulai bersepeda sedari pagi sebelum jalanan mulai ramai. Lebih bagus lagi saat akhir pekan ketika lalu lintas tak sesibuk hari biasa. 

Di awal perjalanan, kamu akan melewati Monas dan Istana Merdeka, sebelum mengarah ke kawasan Gajah Mada, Hayam Wuruk, dan Mangga Besar. Di kawasan tersebut, terutama Mangga Besar, kamu dapat sekalian sarapan di salah satu rumah makan legendarisnya, seperti Kwetiau Sapi 78 Mangga Besar, Warung Nasi Tim Baru, atau Restoran Kamseng. 

Kalau masih kuat mengayuh, teruskan perjalanan ke arah Jalan Gunung Sahari, kemudian berbelok kanan ke arah Pasar Baru. Kalau tadi tak sarapan di Mangga Besar, kamu dapat mampir di Pasar Baru untuk makan sambil melepas lelah. 

Dari sana, kamu dapat melanjutkan gowes ke arah Gereja Katedral Jakarta dengan bangunan bergaya neogotiknya yang ikonik, hingga tiba di Lapangan Banteng. Biasanya di akhir pekan kawasan ini cukup ramai dengan orang yang berolahraga. Namun saat ini lapangan tersebut tengah ditutup sementara untuk menekan penyebaran Covid-19, dan warga hanya bisa berkeliling di sekitarnya untuk berlari atau bersepeda.

Lanjutkan perjalanan menyusuri Jalan Perwira, melewati sisi timur Monas, hingga tiba kembali di Jalan Medan Merdeka Selatan. Selesai sudah aktivitas gowes yang berawal dan berakhir di Monas ini. Selamat mencoba!

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here