Canyon Tubing Menjelajahi Ngarai Tersembunyi di Bali

0
4567
Foto: Dok. Bali Quad Discovery Tours

Para pecandu adrenalin tentu sudah tak asing lagi dengan aktivitas rafting di sepanjang Sungai Ayung, Bali. Namun, kalau kegiatan tersebut masih belum cukup memuaskan, kamu dapat menjajal canyon tubing sembari menjelajahi ngarai tersembunyi di Sungai Siap, Payangan, Gianyar, sekitar satu jam berkendara dari Ubud. 

Rafting dan canyon tubing ini sekilas serupa, yakni sama-sama memanfaatkan arus sungai dan menggunakan ban untuk mengarungi jeram. Namun, bila rafting dilakukan bersama peserta lain, canyon tubing mesti dikendalikan sendiri karena memang satu ban hanya digunakan untuk satu orang. Peralatan lain seperti dayung pun tak dipakai. 

Karena itulah, demi keamanan dan keselamatan, pihak penyedia tur biasanya memilih sungai yang aman untuk canyon tubing, seperti Sungai Siap. Pemandu pun akan siap menemani, baik untuk memberikan instruksi mengenai penggunaan perlengkapan sebelum aktivitas dimulai, maupun menyampaikan arahan saat canyon tubing. 

Foto: Instagram @explorewitherin

Untuk mencapai start point canyon tubing, kamu biasanya diminta untuk berkumpul dahulu di base camp penyedia tur, yakni di Desa Kerta. Dari situ, petualangan akan dimulai dengan naik kendaraan 4WD melintasi perkebunan dan persawahan penduduk, jalan-jalan terjal dengan pemandangan alam yang asri, hingga hutan dengan pepohonan rimbun. 

Setelah sekitar 10 menit, kamu akan diajak menuruni tangga. Kalau biasanya rafting di Sungai Ayung harus menuruni tangga lumayan jauh, lain lagi dengan canyon tubing di Sungai Siap. Tangga yang mesti dituruni cukup pendek jaraknya, yakni bisa dilintasi selama sekitar dua menit. 

Foto: Dok. Google Maps/Willy Singgih Chandrasasmita

Setibanya di tepi sungai, kamu dapat langsung naik ke atas ban untuk menikmati keindahan panorama sekitar dengan menyusuri ngarai. Lintasannya hanya sekitar enam kilometer, selain aliran airnya tidak begitu deras, sehingga cocok sebagai wisata petualangan untuk anak-anak maupun orang dewasa. 

Durasi kegiatan ini sendiri sekitar dua jam, namun kamu tak akan bosan karena di sepanjang perjalanan bakal menemukan hal-hal menarik. Bahkan bila beruntung, kamu dapat menjumpai sekelompok monyet yang asyik bermain di atas pohon, selain sejumlah spesies burung langka. 

Foto: Dok. Bali Quad Discovery Tours

Di akhir tur, kalau cuaca memungkinkan, kamu bisa berkesempatan menjajal flying fox sepanjang 100 meter untuk terbang melintasi ngarai. Aktivitas ini biasanya sudah termasuk biaya menikmati canyon tubing. 

Canyon tubing di Bali dioperasikan oleh Bali Quad Discovery Tours. Biaya tur tergantung fasilitas yang disertakan. Untuk detailnya, kamu dapat mengunjungi laman ini atau menghubungi (0361) 720766. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here