Doyan Snorkeling? Jangan Lewatkan Gamat Bay di Nusa Penida

Foto: Instagram @srs1508

Teruntuk kamu pencinta keindahan bawah laut, snorkeling tentunya menjadi aktivitas wajib saat liburan ke pantai. Apalagi aktivitas ini tak membutuhkan lisensi atau peralatan canggih seperti diving. Cukup membawa mask, snorkel, dan fins, kamu sudah dapat snorkeling dan menikmati keragaman biota laut.

Di Bali sendiri, ada beberapa spot yang cocok untuk snorkeling. Salah satunya adalah Gamat Bay yang terletak di sisi barat laut Nusa Penida.

Kawasan ini memang luar biasa eksotis, terlihat dari kondisi pantainya dengan hamparan pasir putih bersih dan perairan biru yang terhampar luas di depan mata. Dari atas permukaan airnya yang jernih, kamu bisa melihat terumbu karang warna-warni, berbagai jenis ikan yang berseliweran, dan biota laut lainnya.

Foto: Instagram @hipsterizetheworld

Bila berniat melakukan snorkeling di Gamat Bay, sebaiknya kamu didampingi oleh pemandu lokal atau orang yang sudah berpengalaman dengan kawasan ini. Gamat Bay memiliki dua area snorkeling, yaitu yang dangkal dan yang curam, dengan titik kedalaman sekitar 10-20 meter. Perairan dangkalnya berada di sebuah teluk dengan hamparan karang warna-warni yang ideal sebagai lokasi snorkeling untuk pemula.

Kamu akan menjumpai beragam biota laut yang hidup di sini, mulai dari nudibranch, penyu, ikan mola-mola, ikan pelagis besar, hingga hiu dan ikan pari. Terumbu karang berwarna-warni juga tampak menghiasi dasar laut layaknya surga yang tersembunyi.

Foto: Instagram @srs1508

Terdapat pula gundukan-gundukan koral, karang-karang terjal, serta celah-celah di bebatuan karang berbentuk gua yang menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil untuk hidup dan berlindung. Dengan kejernihan air lautnya, kamu akan lebih mudah mengamati kehidupan dan keindahan bawah laut Gamat Bay.

Lelah snorkeling, kamu bisa bersantai di atas pasir pantainya yang lembut sembari menikmati keindahan alam sekitarnya. Suasana pantainya masih asri dan tenang karena tergolong kawasan sepi pengunjung. Semilir angin pantai yang berembus dan suara deburan ombak yang terdengar sesekali akan membuat pikiran kembali segar.

Foto: Instagram @baktericakep

Selain snorkeling, Gamat Bay juga menjadi lokasi favorit bagi para penggemar diving. Namun lokasi ini diperuntukkan bagi diver yang berpengalaman. Arus bawah lautnya cukup kuat, sehingga kamu membutuhkan pemandu untuk menemani diving supaya lebih aman.

Untuk mencapai Gamat Bay, kamu dapat naik motor atau mobil dari Dermaga Toyapakeh sekitar 20 menit. Sementara akses menuju Nusa Penida dari Bali biasanya menggunakan kapal dari Sanur selama sekitar 45 menit, tergantung kondisi angin dan gelombang laut. Biayanya sendiri Rp75.000 untuk satu arah.

Foto: Instagram @lomanya

Untuk memudahkan perjalanan, kamu juga dapat memanfaatkan agen wisata, seperti Bali & Nusa Penida Tour yang menawarkan beragam pilihan paket tur ke Nusa Penida, yakni mulai Rp330.000 per orang untuk one day tour. Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa menghubungi via WhatsApp di nomor 0813 5394 1730 atau mengikuti akun Instagram @balinusapenidatour.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here