Tak Perlu Jauh-jauh, Bersepeda Santai Keliling TMII Bisa Jadi Aktivitas Menyenangkan

0
4532

Tanpa harus jauh-jauh keluar kota, kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya dapat tetap menikmati suasana gowes yang seru di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Sambil bersepeda keliling taman, kamu dapat sekalian berwisata dan belajar banyak hal tentang budaya Indonesia.

Menempati lahan seluas 150 hektar, taman rekreasi ini memang luar biasa besar, sehingga pengunjung biasanya memilih untuk menjelajahinya dengan bersepeda. Selain bisa digunakan blusukan untuk ke beberapa atraksinya, sepeda juga dapat dengan mudah diparkirkan di lahan sempit sekalipun untuk sekadar berfoto ataupun bersantai di salah satu spotnya, sebelum beranjak ke spot berikutnya.

Foto: Instagram @sds_sony

Ada beberapa spot menarik yang bisa dikunjungi, seperti bangunan rumah adat yang bercirikan arsitektur tradisional khas daerah Indonesia, danau luas dengan pulau-pulau buatan yang dibentuk seperti gugusan kepulauan Indonesia, Taman Burung, Taman Legenda Keong Mas, dan masih banyak lagi.

Selain menawarkan tempat rekreasi dan hiburan, TMII juga memiliki belasan museum yang tersebar di beberapa titik. Jenisnya pun beragam, dari museum pengetahuan, budaya dan peradaban, hingga teknologi. Bila ingin mengunjungi banyak museum dalam satu waktu, di sinilah tempatnya.

Foto: Instagram @alivikry

Tiket masuk masing-masing atraksi di TMII harganya berbeda. Kamu dapat melihat detailnya di laman ini. Tenang saja, karena biayanya terjangkau. Untuk museum misalnya, harga tiket termahalnya Rp15.000 per orang.

Bila dirasa repot membawa sepeda sendiri, kamu juga tidak perlu khawatir karena TMII menyediakan fasilitas penyewaan sepeda. Kalau ingin menggunakan sepeda sendiri, biayanya Rp15.000 per jam. Sedangkan untuk sepeda dengan boncengan disewakan dengan tarif Rp25.000 per jam.

Foto: Instagram @sor.ride

Akses menuju TMII sangat mudah. Kamu bisa mencapai lokasi menggunakan peta berikut. Harga tiket masuknya Rp20.000 per orang, belum termasuk tarif parkir Rp15.000 untuk motor, Rp20.000 untuk mobil, dan Rp1.000 untuk sepeda.

Selama pandemi, TMII membatasi jam kunjungan, yakni mulai pukul 07:00 hingga 18:00. Pembelian tiket disarankan secara daring melalui laman ini. Saat di lokasi, pengunjung wajib mengenakan masker dan dicek suhu tubuhnya. Pengunjung juga wajib mencuci tangan sebelum dan sesudah mengunjungi wahana, menjaga jarak dengan pengunjung lain, serta tidak membuat kerumunan. Untuk informasi lainnya, ikuti akun Instagram @tmiiofficial.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here