Menjajal Trek BPS, Jalur Sepeda Baru di Kendal

0
4413

Semakin hari, semakin banyak saja traveler yang menggemari aktivitas gowes untuk melewatkan waktu di destinasi liburan. Tak jarang pula mereka membawa sepeda saat melakukan perjalanan darat, sehingga di kota tujuan tak perlu kerepotan lagi menyewa sepeda dan bisa langsung blusukan ke jalur-jalur yang tak bisa dilalui kendaraan roda empat untuk mengungkap destinasi yang masih belum banyak diketahui wisatawan. 

Bila kebetulan sedang melalui Jalur Pantura, kini ada satu destinasi baru yang wajib kamu kunjungi untuk bersepeda. Trek Bukit Pertapan Sumur (BPS) namanya. Lokasi persisnya di Desa Sumur, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, atau sekitar 11 kilometer dari pusat kota Kendal. 

Baru diresmikan pertengahan tahun lalu, trek yang masih terbilang anyar ini didirikan oleh klub sepeda setempat dengan dukungan klub-klub sepeda lainnya maupun ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) Kendal. Harapannya, di masa pandemi seperti sekarang ini, masyarakat dapat tetap berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Terlebih, gowes merupakan aktivitas olahraga yang mudah dan tak terlalu menguras tenaga.

Trek ini sendiri dibuat dari iuran anggota klub sepeda sekabupaten Kendal. Namun, para pesepeda dari luar Kendal dipersilakan untuk datang dan mengasah kemampuan gowes mereka di sini. 

Sensasi Gowes di Tengah Alam

Dari Desa Sumur, kamu dapat bersepeda sekitar 700 meter hingga tiba di BPS. Jalurnya yang beraspal terbilang mulus, dan bahkan menawarkan pemandangan indah dengan pepohonan rimbun di sekitarnya, sehingga kamu dapat sekalian menikmati sensasi gowes di tengah alam. Di beberapa titik, kamu juga akan melintasi ladang jagung dan sejumlah warga yang tengah berkebun atau menjemur jagung. 

Foto: Dok. Google Maps/KNK Project

Setibanya di BPS, kamu dapat langsung menjajal trek sepanjang 1,2 kilometer yang jalurnya didominasi tanah dan makadam. Trek ini dirancang agar bisa dilintasi pesepeda pemula sekalipun, namun tidak mengurangi tingkat keekstremannya yang dapat meningkatkan adrenalin. Sebut saja beberapa drop yang mencapai satu meter. 

Karena turunan drop off-nya lumayan tinggi dan banyak makadam, disarankan untuk mengenakan perlengkapan bersepeda yang mendukung, termasuk helm, sarung tangan, sepatu, dan body protector. Gunakan pula jenis sepeda yang mendukung medan lintas alam tersebut, seperti jenis AM atau MTB. Terakhir, pastikan untuk displin mematuhi protokol kesehatan selama pandemi, termasuk selalu mengenakan masker dan menjaga jarak dengan pesepeda lain.

Foto: Dok. Google Maps/KNK Project

Untuk menjajal Trek BPS ini, kamu tidak dikenakan biaya. Cukup membawa sepeda dan perlengkapannya, dan kamu sudah bisa gowes di sini. Karena tidak ada rental sepeda di lokasi, pastikan sudah membawa sepeda sendiri saat berkunjung. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here