Gili Petelu, Pulau Tak Berpenghuni yang Asyik untuk Snorkeling

0
4678
Foto: Instagram @arieritonga

Lombok terkenal akan eksotisme pantai serta keindahan bawah lautnya yang memesona dan sayang untuk dilewatkan. Memiliki beberapa pulau mungil yang terpisah dari daratan utama, salah satunya yang bisa kamu kunjungi adalah Gili Petelu. Lokasinya terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, tepatnya tak jauh dari Pantai Tangsi (Pink Beach).

Nama Gili Petelu berasal dari bahasa Sasak, dengan ‘gili’ yang berarti ‘pulau kecil’ dan ‘petelu’ yang berarti ‘tiga’. Hal ini dikarenakan di gili ini terdapat tiga bukit yang bila dilihat dari jauh mirip gugusan pulau kecil.

Foto: Instagram @fachreeizzy

Pulau ini sendiri tidak berpenghuni, hanya ditinggali oleh sekawanan monyet liar, dan biasanya dikunjungi oleh wisatawan untuk day trip. Dikepung perairan biru toska dengan pantai berpasir putih bersih, keindahan Gili Petelu tidak berhenti sampai di situ.

Foto: Instagram @agwindaa

Kondisi alam bawah laut Gili Petelu masih alami dan memesona siapa saja yang menyaksikannya. Tanpa perlu menyelam dalam-dalam, kamu dapat snorkeling untuk menjumpai beragam spesies biota laut yang unik, seperti terumbu karang warna-warni, ikan badut, gurita, bintang laut, dan masih banyak lagi. Tidak perlu khawatir snorkeling di sekitar pulau karena ombaknya cukup tenang, ditambah air lautnya pun jernih sehingga kamu pun bisa lebih jelas melihat keindahannya.

Foto: Instagram @lombokexperience

Saat air laut sedang surut, jalur berupa jalan berpasir antara Gili Petelu dan bukit kecil di dekatnya akan muncul. Di saat ini jugalah kamu dapat menyeberanginya, karena saat pasang, jalur tersebut akan tenggelam lagi oleh air laut.

Pulau ini sendiri mungil, dan hanya butuh sekitar 10 sampai 15 menit saja untuk berjalan mengelilinginya. Tak ada fasilitas umum yang tersedia di sini, sehingga sebaiknya membawa bekal sendiri bila ingin berpiknik di sini. Namun, jangan lupa bawa pulang kembali sampah agar pulau tersebut tetap terjaga kebersihannya.

Foto: Instagram @amanta26

Bila ingin berkunjung ke Gili Petelu, kamu bisa berkendara terlebih dahulu menuju Dermaga Tanjung Luar di Kecamatan Keruak, Lombok Timur selama sekitar satu jam dari pusat kota Mataram. Setibanya, kamu dapat menyeberang ke Gili Petelu dengan naik kapal selama sekitar 30 sampai 45 menit. Satu kapal dapat menampung hingga 10 orang dengan tarif mulai Rp450.000 hingga Rp600.000 per kapal. Sangat disarankan untuk datang berkelompok agar biaya kapal per orangnya mejadi lebih murah.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here