Paralayang di Gunung Banyak, Suguhkan Keindahan Panorama Kota dan Gunung

0
4293

Paralayang merupakan salah satu aktivitas ekstrem yang kian diminati oleh traveler dari segala usia. Tak hanya menantang, aktivitas ini pun memungkinkan wisatawan untuk menikmati suguhan panorama dari udara tanpa terhalang apa pun. 

Di Jawa Timur, ada salah satu lokasi yang sering digunakan untuk menjajal aktivitas ini. Gunung Banyak namanya. Terletak di Desa Songgokerto, sekitar satu jam berkendara dari pusat kota Malang, dari atas dataran tinggi ini kamu dapat menikmati panorama kota Batu maupun Malang, selain juga gunung-gunung yang ada di sekitarnya, dari Welirang di sisi utara hingga Panderman di sisi selatan. Bila beruntung, saat cuaca cerah puncak Mahameru pun dapat terlihat dari sini. 

Bila ingin menikmati keindahan lanskap tersebut sepenuhnya, tentu saja kamu wajib menjajal paralayang. Tak perlu takut meluncur dari ketinggian 1.300 mdpl di sini, karena para pemula akan ditemani pemandu profesional. Perlengkapan pun sudah disiapkan semuanya.

Yang kamu perlukan hanyalah kesiapan mental dan keberanian. Selebihnya, percayakan semuanya kepada sang pemandu. Kamu tinggal duduk tenang menikmati pemandangan, atau bahkan berteriak kencang sepuasnya. 

Biaya paralayang di Gunung Banyak ini Rp400.000, sudah termasuk pemandu, perlengkapan, sertifikat, dan ojek yang akan mengantar kembali ke lokasi semula seusai 10 menit melayang di udara. Jangan lupa membawa GoPro atau action camera sejenis, atau sekadar smartphone dan tongsis, untuk mendokumentasikan pengalaman ini! 

Biaya di atas belum termasuk tiket masuk kawasan Gunung Banyak, yakni Rp10.000. Sementara biaya parkir motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000. 

Seusai terbang di udara, kamu tak perlu lekas pulang, karena ada sejumlah atraksi menarik di Gunung Banyak, termasuk Omah Kayu dan Taman Langit yang memiliki banyak spot foto dengan latar perbukitan hijau dan pegunungan. Tiket masuknya pun terbilang murah, yakni Rp10.000 saja. 

Salah satu spot foto di Taman Langit (Foto: Instagram @fendy_lavigne)

Karena Taman Langit buka hingga larut malam, kamu dapat sekalian menunggu senja tiba dan menanti pemandangan kota yang semakin istimewa dengan kelap-kelip lampu. Tak perlu repot membawa makanan dan minuman dari luar, karena di sini sudah tersedia kafe dengan menu yang cukup variatif. 

Gunung Banyak terletak sekitar 10 kilometer jauhnya dari Museum Angkut. Bila dari arah Alun-alun Kota Batu, kamu cukup mengarahkan kendaraan melalui Jalan Rajek Wesi. Jaraknya sekitar 8,5 kilometer, atau sekitar 23 menit berkendara. Akses menuju lokasi pun mudah dan bagus, selain bisa dilalui motor, mobil, hingga bus. 

Saat ini, kawasan wisata Gunung Banyak sudah dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti mengecek suhu pengunjung sebelum masuk ke lokasi, mewajibkan pengunjung untuk selalu mengenakan masker, menyediakan tempat cuci tangan di sejumlah sudut, dan membatasi jumlah kunjungan. Pengunjung yang tertarik menjajal paralayang juga wajib memasuki bilik disinfektan terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas. Sementara itu, wisatawan dari luar Batu yang ingin berkunjung sebaiknya membawa hasil negatif rapid test antigen.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here