Serunya Mendaki Gunung Telomoyo via Arsal

0
4223

Nama Gunung Telomoyo tentu sudah tidak asing lagi di kalangan pendaki. Gunung dengan ketinggian 1.894 mdpl yang berada di Magelang, Jawa Tengah ini bahkan sudah memiliki jalur yang bisa dilalui motor untuk sampai ke puncaknya. Namun ternyata gunung ini masih memiliki beberapa jalur pendakian yang sangat mengasyikkan, salah satunya via base camp Arsal, Dusun Salaran, Desa Tolokan, Kecamatan Getasan, yang masuk dalam wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Pendakian dari titik awal sampai ke camp area di Pos 5 membutuhkan waktu sekitar dua hingga jam. Sebenarnya masih ada satu camp area lagi sebelum puncak tertinggi, yaitu Puncak Tower, yang ditandai adanya beberapa tower dan landasan paralayang. Namun banyak yang merekomendasikan Pos 5 sebagai camp area terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset.

Foto: Instagram @ananghappe

Di sepanjang jalur ini tidak ada sumber air, sehingga pendaki wajib membawa logistik yang cukup. Suasana di jalur pendakian masih asri dan udaranya pun sejuk. Walau Gunung Telomoyo tidak terlalu tinggi, jalur pendakian yang akan dilewati lumayan terjal dan menantang.

Rute Pendakian

Dari titik awal pendakian di base camp Arsal hingga di pintu gerbang pendakian, pendaki akan disuguhi hamparan perkebunan warga yang ditanami berbagai macam sayuran. Sementara dari gerbang pendakian hingga Pos 1 masih ditemui banyak rumput gajah dan pepohonan. Karena itu tidak heran jika pendaki masih sering berjumpa dengan warga sekitar yang sedang mencari rumput untuk hewan ternak atau mencari kayu bakar.

Foto: Instagram @indahw__

Jalur pendakian menuju Pos 2 sampai Pos 3 didominasi oleh pohon pinus yang menambah sejuknya pendakian. Jika sudah memasuki area dengan vegetasi yang cukup lebat, itu tandanya pendaki akan segera sampai di Pos 3. Pos 3 dikenal dengan sebutan Terowongan Rengut, karena terdapat jalur pendakian yang menyerupai terowongan yang terbuat dari ranting-ranting pepohonan dan rerumputan liar.

Setelah melewati Terowongan Rengut, pendaki akan tiba di Pos 4 yang berupa tugu batas. Tugu batas merupakan sebuah bangunan yang dibuat sebagai tanda perbatasan dua daerah. Dari Pos 4 menuju Pos 5 (camp area), pendaki akan melalui jalur setapak dengan jurang di kedua sisinya. Pendaki perlu ekstra berhati-hati saat melewati jalur ini.

Foto: Instagram @dwiy_runsmg

Jika cuaca cerah, begitu sampai di Pos 5 pendaki akan disambut dengan jajaran gunung-gunung yang berada di Jawa Tengah, seperti Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Andong, Ungaran, dan Gunung Prau. Malam harinya pendaki juga akan dihibur dengan gemerlap lampu-lampu kota sekitar Gunung Telomoyo.

Walaupun waktu pendakiannya terbilang singkat, pendaki tetap memerlukan stamina yang baik. Pendaki juga wajib memberlakukan aturan protokol kesehatan saat mendaki maupun ketika berada di camp area, serta selalu menjaga kebersihan kawasan Gunung Telomoyo dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Foto: Instagram @nurdila_arsal

Untuk akses jalan menuju base camp Arsal sudah cukup baik dan bisa dijangkau oleh kendaraan, baik motor ataupun mobil, dengan durasi sekitar 1,5 jam dari pusat kota Semarang. Ketersediaan saran dan prasarananya juga cukup memadai seperti toilet, masjid, hingga area parkir, namun tidak begitu luas untuk parkir mobil. Harga tiket masuknya Rp10.000 per orang, sudah termasuk parkir.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here