Yuk, Gowes Santai Jelajahi Keindahan Danau Buyan

0
4374

Lanskap Bali yang beragam menjadikannya menarik sebagai lokasi gowes. Sembari mengayuh pedal sepeda, kamu dapat menikmati keindahan yang ditawarkan, mulai dari pantai, perbukitan hijau, hingga desa-desa tradisionalnya yang unik. Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Bali, salah satunya yang cocok untuk gowes santai adalah Danau Buyan.

Berada di ketinggian 1.350 mdpl, danau seluas 490 hektar ini terletak di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, sekitar 1,5 jam berkendara dari Denpasar. Diapit dua danau lainnya, yakni Danau Tamblingan di sisi barat dan Danau Beratan di sisi timur, Danau Buyan juga sering disebut sebagai Danau Kembar karena letaknya yang bersebelahan dengan Danau Tamblingan.

Untuk menikmati keindahannya, kamu dapat bersepeda santai mengitari tepian Danau Buyan. Sembari gowes, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang eksotis berupa hutan hijau yang asri, selain juga udara yang sejuk.

Jalur sepeda di sini didominasi jalan tanah yang tak rata, selain juga melalui alang-alang di area pinggir danau. Namun hal ini akan membuat aktivitas bersepeda di kawasan ini menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Kamu juga bisa bersepeda ke area perkebunan khas dataran tinggi di sekitar danau. Selama bersepeda, kamu dapat melihat aktivitas kehidupan masyarakat sekitar Danau Buyan, seperti menangkap ikan atau menanam wortel, stroberi, dan anggrek. Kamu bahkan dapat mampir sebentar untuk membeli hasil bumi langsung dari para petani.

Foto: Instagram @dinpotret

Lelah bersepeda, kamu bisa duduk dan bersantai sembari menikmati suasana danau yang tenang, lengkap dengan semilir angin yang seakan menghilangkan rasa lelah. Bila masih betah berlama-lama, kamu juga dapat berkemah dan bermalam di sekitar danau.

Jangan khawatir bila tidak membawa peralatan berkemah, karena di sini tersedia tempat penyewaan tenda dan peralatan camping lainnya. Harganya bervariasi, yakni mulai Rp125.000 untuk satu tenda yang berkapasitas empat orang.

Foto: Instagram @balibikepark

Beragam fasilitas pun telah tersedia di kawasan wisata Danau Buyan, seperti toilet, musala, lahan parkir yang luas, hingga warung-warung penjual makanan dan minuman. Untuk bebas menikmati semua fasilitas tersebut, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang dan Rp3.000 untuk sepeda. Bila membawa kendaraan, cukup menambahkan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Untuk menyewa sepeda, kamu dapat menghubungi jasa rental sepeda di Bali, seperti @sewasepeda.bali. Biayanya mulai Rp15.000 per jam untuk jenis sepeda gunung, sudah termasuk helm. Sepeda bisa diambil di Jalan Pratama No. 79 & 36x Nusa Dua, Badung, Bali. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi WhatApp 0818 0565 1055.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here