Ingin Beraktivitas di Luar Ruang Saat Pandemi? Simak Tip dari dr. Aditya dan Tasya Kamila Agar Tetap Aman

0
4119

Pandemi Covid-19 yang melanda sejak awal tahun belum ada tanda-tanda mereda. Terlebih di Indonesia, yang jumlah kasus positifnya terus bertambah setiap harinya. 

Setelah berbulan-bulan diam di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, masyarakat pun kini mau tak mau kembali beraktivitas luar di ruang, baik untuk bekerja, berolahraga, maupun sekadar berbelanja kebutuhan rumah. Meski aktivitas sehari-hari seakan kembali normal, bukan berarti kamu bisa lengah. 

Dalam webinar bertajuk “Perlindungan Ekstra Saat Berkegiatan Bersama Saniter untuk #IndonesiaTerlindungi”, Kamis (10/12/2020), Tasya Kamila, mantan artis cilik yang kini menjadi public figure di media sosial, mengungkapkan beberapa hal yang ia lakukan bila ingin beraktivitas di luar ruang.

“Kalau harus keluar rumah, yang paling penting adalah mematuhi protokol kesehatan dengan selalu mengenakan masker. Sekarang tuh keluar rumah pakai masker itu seperti pakai baju, sudah wajib hukumnya,” tuturnya. 

“Lalu jangan lupa menjaga jarak, sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau kalau tidak ada, pakai hand sanitizer. Bawa juga tisu basah, surface sanitizer, dan aerosol sanitizer.”

Menurutnya, dua benda yang disebut terakhir itu terutama penting bila dirinya sedang bekerja di suatu ruangan tertutup di luar rumah. Surface sanitizer ia gunakan untuk membersihkan permukaan benda, seperti meja dan gagang pintu, sementara aerosol sanitizer untuk membunuh kuman secara cepat pada udara. 

Sehubungan dengan liburan akhir tahun yang sudah dekat, dr. Aditya Surya Pratama selaku praktisi medis sekaligus brand ambassador dari Saniter turut membeberkan beberapa panduan yang bisa kamu ikuti agar dapat berlibur dengan aman.

“Pertama, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit. Kemudian, disiplin mengikuti protokol yang ada, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” katanya.

Lebih lanjut, dr. Aditya menyarankan untuk memeriksa rencana perjalanan dengan cermat. “Pastikan tempat menginapnya apakah mengikuti standar dan protokol kesehatan yang sesuai, begitu pula dengan maskapai penerbangan dan lokasi liburannya. Pastikan juga tempat yang dituju berada di zona aman, dan sebisa mungkin hindari zona merah karena berisiko tinggi tertular Covid-19.” 

Ia juga menyarankan untuk pergi liburan hanya dengan orang rumah. Bila mengajak teman, kita tak tahu apakah mereka selama ini disiplin mengikuti protokol, sudah bertemu siapa saja, dan banyak faktor lain yang membuat risiko terpapar Covid-19 bisa lebih besar bila liburan bersama. 

Seluruh anggota keluarga pun wajib melakukan tes Covid-19, baik sebelum maupun sesudah liburan. “Tentunya nanti setelah pulang liburan wajib isolasi sambil menunggu hasil tes,” jelas dr. Aditya, selain menambahkan bahwa selama liburan agar tetap menjaga daya tahan tubuh dengan olahraga, istirahat yang cukup, serta mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin. 

Adapun produk sanitizer kini semakin mudah ditemui di minimarket dan supermarket terdekat. Saniter sebagai salah satu merek sanitizer yang ada di pasaran memiliki berbagai macam produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari personal care hingga home care. 

Produk personal care terdiri dari hand sanitizer dalam bentuk gel dan liquid spray, sabun cuci tangan cair, serta tisu basah. Sementara, produk home care terdiri dari sanitizer udara dan benda (air and surface sanitizer), fabric spray, serta disinfektan dalam bentuk spray dan tisu basah. Seluruh produk ini dihadirkan untuk memberikan perlindungan keamanan bagi masyarakat Indonesia, baik di rumah, di kantor, saat bepergian, atau di mana pun mereka beraktivitas.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here