Gunung Besek, Tinggi Tak Seberapa, Pesona Luar Biasa

Bila dibandingkan gunung-gunung lain di Jawa Tengah yang tingginya bisa mencapai 3.000 mdpl, Gunung Besek yang hanya 850 mdpl ini mungkin tak menarik di kalangan pendaki maupun pencari adrenalin.

Meski demikian, jangan anggap remeh pesonanya. Gunung yang terletak di Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri ini memiliki keindahan alam yang luar biasa memukau, yang dijamin bakal membuat kamu enggan pulang dan ingin berlama-lama di sini.

Foto: Instagram @stancliffhernando

Puncaknya menawarkan hamparan perbukitan yang berlapis-lapis, dan sejauh mata memandang, lekukan tersebut seperti tak berujung. Di musim hujan, rerumputan di bukit-bukit tersebut akan menghijau. Sementara di musim kemarau, yang terlihat hanyalah rerumputan kering yang menguning, sementara di sela-selanya tumbuh pepohonan. Sekilas, pemandangan cantik ini mengingatkan akan perbukitan di Sumba.

Sebelum sampai di puncak, kamu juga akan melalui kawasan hutan pinus dengan pepohonan tinggi yang berjajar rapi. Kamu juga dapat berfoto-foto di sini dan mendapatkan hasil jepretan layaknya sedang di hutan-hutan pinus populer di Yogyakarta.

Durasi Pendakian Singkat

Gunung Besek letaknya 60 kilometer dari pusat kota, atau dapat ditempuh dengan dua jam berkendara via Jalan Raya Wonogiri-Ponorogo. Agar lebih mudah, kamu dapat memanfaatkan Google Maps untuk mencapainya.

Dari jalanan utama, kendaraan akan melalui kawasan hutan pinus yang teduh, sebelum kemudian tiba di Desa Bugelan. Dari sana, nanti ada plang sederhana bertuliskan Gunung Besek. Kamu dapat memarkirkan kendaraan terlebih dahulu di halaman rumah warga di sekitaran plang, kemudian berjalan kaki melalui jalan setapak untuk mencapai puncak Gunung Besek.

Foto: Instagram @iqbalkhairulanam

Menariknya, karena desa ini sudah terletak cukup tinggi, kamu tak perlu berjalan menanjak layaknya mendaki gunung. Malahan, kondisinya menurun sehingga kamu dapat dengan mudah melewatinya. Durasi pendakiannya pun sangat singkat, yakni tak sampai 10 menit.

Setibanya di puncak, kamu dapat puas berfoto dengan latar perbukitan yang menghampar luas. Masih belum banyak wisatawan yang tahu keberadaan Gunung Besek, sehingga suasananya pun sepi dan kamu tak perlu mengantre demi berfoto di salah satu sudutnya.

Namun, tetap berhati-hati selama berada di puncak ya, terutama bila ingin berfoto di ujung tebing. Salah langkah sedikit saja, kamu dapat terjatuh ke dalam jurang. Sebaiknya berfoto di tempat-tempat dengan pijakan aman, selain pastikan untuk selalu mengutamakan keselamatan selagi di sini.

Foto: Instagram @detra_vianzt

Sore adalah saat terbaik kemari, ketika cuaca tak terlalu terik, dan sinar matahari yang menyinari hamparan perbukitan membuat pemandangan semakin menawan. Namun, jangan terlalu lama di sini, karena masih harus pulang melalui medan yang masih minim pencahayaan.

Tidak ada biaya masuk ke kawasan Gunung Besek. Kamu cukup membayar secara sukarela kepada pemilik rumah tempat kendaraan diparkir. Di lokasi pun tak terdapat banyak warung, sehingga disarankan untuk membawa perbekalan sendiri. Kemas juga kantong plastik untuk membawa pulang sampah.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here