Mengarungi Jeram Sungai Citarik, Berani Coba?

0
3958

Mengarungi jeram di sungai bisa menjadi alternatif seru untuk melakukan olahraga di kala liburan sambil menikmati panorama alam yang eksotis. Untungnya, di Indonesia sendiri ada banyak sungai yang menawarkan wisata arung jeram, dengan Sungai Citarik di Kabupaten Sukabumi merupakan salah satunya yang terbaik.

Sempat tutup beberapa bulan, wisata arung jeram di Sungai Citarik ini sudah dibuka sejak Agustus lalu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Misalnya, perahu dengan tiga thwart (penyangga di perahu) hanya boleh mengangkut empat penumpang dan satu pemandu, dengan thwart di belakang dibiarkan kosong. Peserta pun ditempatkan sedemikian rupa sehingga dapat tetap menerapkan jaga jarak aman selama di dalam perahu.

Sungai Citarik sendiri memiliki tingkat kesulitan rata-rata, yakni di grade IV (menengah) dengan arus yang tidak terlalu deras, sehingga cocok bagi yang belum pernah mencicipi arung jeram sebelumnya.

Pernah menjadi tuan rumah ajang World Rafting Championship (WRC) 2015, sungai ini juga menawarkan beberapa keunggulan, mulai dari debit air yang cukup, arus yang relatif stabil sepanjang tahun, hingga jeram dan bebatuan yang cukup banyak dengan tingkat kesulitan beragam, sehingga memberikan tantangan tersendiri bagi penikmat arum jeram.

Tertarik mengarungi jeram di Sungai Citarik? Ada beberapa jarak tempuh yang bisa kamu pilih, dari 5, 9, hingga 12 kilometer dengan durasi pengarungan mulai 1 hingga 3 jam. Sepanjang perjalanan, kamu tak hanya dapat merasakan serunya menyusuri sungai tersebut  dengan perahu dan menjajal kemampuan mendayung, namun juga menikmati udara segar dan pemandangan indah.

Bila baru pertama kali arung jeram pun tak perlu khawatir, karena seluruh paket wisata arung jeram yang ditawarkan ini sudah termasuk pemandu berpengalaman dan dilengkapi peralatan berstandar internasional. Tim penyelamat pun selalu bersiap siaga selama peserta mengarungi sungai, jadi keamanannya pun tak perlu diragukan lagi. Apalagi, paket wisata arung jeram di Citarik pun sudah termasuk asuransi.

Talenta Outbound sebagai salah satu operator tur penjual paket rafting di Sungai Citarik menawarkan tarif yang bervariasi, tergantung jarak, yakni Rp235.000 per orang untuk jarak 5 kilometer, Rp 295.000 per orang untuk jarak 9 kilometer, dan Rp375.000 untuk jarak 12 kilometer.

Biaya tersebut sudah termasuk welcome drink, makan siang, snack, perlengkapan rafting, pemandu, asuransi, dan transportasi lokal di Citarik. Operator tur ini juga menyediakan open trip dengan keberangkatan dari Jakarta seharga Rp365.000 per orang (khusus Sabtu-Minggu dan hari libur nasional, peserta minimal enam orang), sudah termasuk transportasi pp Jakarta-Sukabumi (durasi perjalanan satu arah sekitar tiga jam).

Sementara Caldera Indonesia memiliki paket wisata arung jeram untuk anak usia 5-9 tahun bernama Baby Salamander (seharga Rp190.000, minimal 4 peserta). Opsi lainnya, kamu bisa memilih Salamander Rafting (5 kilometer, Rp230.000), Alligator Rafting (9 kilometer, Rp295.000), Crocodile Rafting (13 kilometer, Rp380.000), dan Grand Crocodile Rafting (17 kilometer, Rp495.000). Tarif ini sudah termasuk makan siang, perlengkapan rafting, pemandu, asuransi, dan transportasi lokal di Citarik.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here