Berkemah di Situ Gunung, Bisa Sekalian ke Danau dan Jembatan Fotogenik

0
3699

Bagi penyuka foto dengan latar unik, tentu sudah tak asing lagi dengan nama Situ Gunung. Ya, destinasi wisata yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat ini tak hanya terkenal dengan panorama danaunya yang menawan, namun juga jembatan gantung di tengah hutan.

Konon, jembatan ikonis ini disebut-sebut sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia, dan bahkan Asia, dengan panjang sekitar 240 meter dan lebar 2 meter di ketinggian sekitar 120-150 meter. Saat menyeberanginya, siapa pun akan terpesona melihat keindahan alam yang membentang di depan mata.

Berlatar hutan tropis dengan pepohonan yang lebat dan menghijau, berada di sini seperti berjalan di atas awan. Pemandangan ini jugalah yang menjadikan motivasi bagi pengunjung untuk menghilangkan rasa takut dari ketinggian.

Dari sini, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju Curug Sawer dengan medan menurun dan waktu tempuh sekitar setengah jam. Jalan setapak bebatuannya nyaman dilintasi, dan di setiap titik pun terdapat pemandu yang membantu mengarahkan pengunjung, sehingga kamu pun tak akan tersesat.

Sesampainya di lokasi air terjun, kamu dapat bersantai di tepiannya, atau beristirahat sembari bersantap di semacam food court sederhana yang dikelola oleh warga setempat. Di sini jugalah terdapat berbagai pernak-pernik yang bisa dibeli untuk oleh-oleh.

Berkemah di Tengah Hutan Asri

Puas bermain di Curug Sawer, kamu dapat kembali lagi melintasi jembatan gantung untuk menuju danau. Danau cantik ini menawarkan suasana asri dengan hutan hijau di sekelilingnya dan hawa pegunungan yang sejuk.

Saat terbaik kemari adalah menjelang sunrise untuk melihat sinar matahari yang menerobos melalui celah-celah pepohonan dan menyinari perairan danau yang jernih. Di pagi hari kabut juga belum pergi dan masih menyelimuti kawasan ini, dengan kicau burung yang sesekali terdengar, sehingga suasana semakin syahdu.

Untuk dapat benar-benar menikmati seluruh atraksi yang ditawarkan kawasan wisata ini, kamu dapat berkemah di camping ground yang letaknya sekitar satu kilometer dari danau. Lokasinya tak terlalu jauh dari parkiran, sehingga tak perlu kerepotan membawa peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk berkemah.

Fasilitasnya pun lumayan lengkap, mulai dari colokan listrik untuk mengisi daya baterai perangkat elektronik yang dibawa, hingga kamar mandi yang terjaga kebersihannya. Kalau tak membawa tenda sekalipun, pihak pengelola menyediakan jasa penyewaan tenda dengan ukuran terkecilnya untuk kapasitas empat orang.

Foto: Google Maps/Local Trip

Karena lokasinya berada di hutan yang asri, kamu dijamin betah berkemah di sini. Hawanya sejuk, dan di malam hari, kamu dapat menyalakan api unggun untuk menghangatkan tubuh. Keesokan paginya, kamu dapat bangun lebih awal untuk berjalan kaki (bisa juga naik ojek) ke danau dan menikmati sunrise.

“Kalau mau ke sini, tiketnya ada banyak macam. Yang paling basic ada tiket reguler, harganya Rp85.000 per orang sudah termasuk welcome drink, serta kunjungan ke danau, jembatan, dan curug,” kata Kang Uun, salah satu staf pengelola Situ Gunung, saat dihubungi Getlost.id, Jumat (6/12/2020).

“Ada juga tiket VIP, Rp125.000 per orang, sudah termasuk snack all you can eat, seperti batagor, bubur kacang ijo, singkong rebus, bakso, serta teh dan kopi. Kalau mau sekalian makan siang, bisa beli tiket VVIP seharga Rp145.000 per orang. Semua pembelian tiket VIP dan VVIP sudah termasuk asuransi, masker gratis, dan shuttle tour ya,” tambahnya.

Lalu, bila ingin berkemah, kamu tinggal menambahkan biaya sebesar Rp90.000 per orang. Kalau tak membawa perlengkapan berkemah, disarankan untuk membeli paket seharga Rp350.000 per pax (minimal 4 orang), yang sudah termasuk perlengkapan berkemah, makan tiga kali, snack satu kali, api unggun, serta kunjungan ke danau, jembatan, dan curug. Untuk reservasi, kamu bisa menghubungi 0857 9348 9040 atau 0815 7380 9835 via telepon atau WhatsApp.

Situ Gunung merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Lokasinya sekitar 15 kilometer dari pusat kota Sukabumi. Bila berangkat dari Jakarta, kamu tinggal masuk ke Jalur Tol Jagorawi dan Jalan Raya Bogor-Sukabumi. Jaraknya sekitar 115 kilometer via tol, atau sekitar tiga jam berkendara bila lalu lintas lancar.

Kalau tak ingin repot membawa kendaraan dari Jakarta dan berniat hanya melakukan perjalanan sehari ke Situ Gunung, kamu juga bisa memesan paket wisata dari sejumlah operator tur, seperti explorer.id yang menjual open trip dengan biaya Rp290.000 per orang.

Tip Berkemah di Situ Gunung

  • Pastikan membawa pakaian tebal dan jaket, udara akan semakin dingin di malam hari karena lokasi Situ Gunung yang berada di pegunungan.
  • Memasuki musim hujan, jangan lupa membawa jas hujan dan payung untuk berjaga-jaga.
  • Bawa perbekalan yang cukup bila tidak membayar harga paket berkemah yang sudah termasuk makan. Lokasi penjaja makanan dan minuman cukup jauh dari area perkemahan.
  • Bila ingin memancing, bawalah peralatan memancing sendiri karena belum tersedia tempat penyewaannya.
  • Bila ingin mengunjungi Curug Sawer seusai hujan turun, berhati-hatilah saat melangkah, karena medannya akan lebih licin dari biasanya.
  • Selama pandemi, ikuti protokol kesehatan yang diberlakukan pengelola, termasuk mengenakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan sering mencuci tangan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here