Hawaii, Negara Bagian Paling Bahagia di Amerika

0
3386

2020 merupakan tahun yang sukar bagi seluruh dunia karena pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Namun di antara kesedihan dan kesusahan, Hawaii mencatatkan diri sebagai negara bagian paling bahagia di Amerika Serikat, yang diperoleh dari hasil studi Wallethub, situs keuangan yang sudah melakukan studi mengenai ini sejak 2014. Posisi selanjutnya ditempati Utah, Minnesota, New Jersey, Maryland, California, North Dakota, Iowa, Idaho, dan Connecticut.

Menurut Dr. Chieh-Chen Bowen dari Departemen Psikologi Universitas Cleveland, “Kebahagiaan adalah perasaan gembira, puas, dan emosi positif secara keseluruhan. Kebahagiaan adalah tujuan universal. Kita semua ingin bahagia dan ingin perasaan seperti itu bertahan.”

Untuk mengukur kebahagiaan, WalletHub menggunakan tiga dimensi pada skala 100 poin, meliputi kesejahteraan emosi dan fisik dengan 50 poin, lingkungan kerja serta komunitas dan lingkungan masing-masing 25 poin. Walau Hawaii menduduki peringkat teratas, namun untuk kategori kesejahteraan emosi dan fisik, negeri pesisir ini berada di posisi kedua setelah New Jersey.

Studi ini juga mengungkapkan peringkat teratas dalam subkategori penduduk dengan tingkat tidur yang dianjurkan dalam kesehatan, di mana Minnesota berada di urutan teratas; New Jersey yang tercatat sebagai negara bagian dengan tingkat depresi orang dewasa terendah; North Dakota dengan tingkat pengangguran jangka panjang terendah; Utah dengan tingkat sukarelawan tertinggi; dan Maine sebagai negara bagian teraman.

2020 yang ditandai dengan pandemi Covid-19 menyebabkan rentannya terserang penyakit, pembatasan interaksi sosial, hilangnya pekerjaan, tentu saja memberi dampak negatif terhadap kesehatan mental warga Amerika Serikat. Wallethub mencoba menelusuri warga negara bagian mana yang tetap positif di tengah situasi tidak pasti ini.

Missouri berada di posisi terbawah, diikuti Oregon, Alaska, Alabama, Mississippi, Tennessee, Kentucky, Louisiana, Oklahoma, Arkansas, dan West Virginia. Maret lalu, Wallethub juga merilis hasil studi kota terindah di Amerika Serikat menggunakan metrik serupa, dengan hasil Fremont, Plano, San Jose, Irvine, dan Madison yang masuk kelompok lima besar.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here