Last Mile, Layanan Terintegrasi Hasil Kerja Sama KAI dan Bluebird

0
3318

Menjelang ulang tahun ke-75 pada 28 September, PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus memberikan inovasi untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. Inovasi tersebut diwujudkan melalui kerja sama dengan PT Blue Bird Tbk, dengan menawarkan layanan Last Mile, yaitu transportasi lanjutan bagi pelanggan Kereta Api Jarak Jauh dan pelanggan Rail Express.

Sebagai tahap awal, layanan Last Mile baru tersedia di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Nantinya akan dikembangkan ke seluruh kota dari layanan operasional KAI dan Bluebird. Layanan terintegrasi ini merupakan upaya KAI untuk membentuk ekosistem transportasi secara menyeluruh, sekaligus fokus pada transformasi digital.

KAI menawarkan aksesibilitas ekstra bagi pelanggan yang menggunakan aplikasi KAI Access untuk memesan layanan taksi Bluebird. Multi-channel booking Bluebird di KAI Access mencakup wilayah Jakarta (Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen), Bandung (Stasiun Bandung), Semarang (Stasiun Semarang Tawang), dan Surabaya (Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Surabaya Gubeng).

Untuk mendapatkan layanan multi-channel booking Bluebird di KAI Access, pelanggan dapat mengunduh versi terbaru aplikasi KAI Access. Ketika melakukan reservasi, dapat langsung memesan taksi Bluebird dari stasiun keberangkatan ke lokasi tujuan akhir. Setelah perjalanan berakhir, pelanggan dapat melakukan pembayaran langsung kepada pengemudi sesuai argo.

Kerja sama dengan Bluebird juga mencakup layanan Rail Express untuk mengirim barang. Saat mengantarkan barang ke loket Rail Express di stasiun keberangkatan, pelanggan dapat memilih layanan pengantaran barang dari stasiun tujuan langsung ke alamat akhir pengiriman dengan armada Bluebird. Penerima barang tidak perlu repot-repot datang ke stasiun untuk mengambil barang, cukup menanti di rumah dan menghemat waktu.

Pada tahap awal, layanan logistik dari KAI dan Bluebird melayani pengiriman dari Jakarta (Stasiun Jakarta Gambir dan Stasiun Pasar Senen) menuju wilayah Bandung (Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong), Semarang (Stasiun Semarang Tawang), dan Surabaya (Stasiun Surabaya Pasar Turi), di mana pembayaran dilakukan di loket Rail Express stasiun keberangkatan.

Selebrasi ulang tahun KAI juga disemarakkan dengan pembagian voucer Bluebird kepada 1.945 pelanggan. Voucer senilai Rp15.000 akan diberikan pada pelanggan yang menggunakan taksi Bluebird melalui KAI Access dari stasiun kedatangan, yang berlaku mulai 16 September hingga seluruh voucer habis dibagikan di empat stasiun KAI di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here