4 Kuil Cantik nan Fotogenik di Chiang Rai

0
3147

Terletak di ujung utara Thailand, Chiang Rai adalah rumah bagi beberapa kuil paling indah dan memesona di Thailand. Dapat diakses dari pusat kota dengan naik tuk-tuk, songthaew, ataupun bus, inilah daftar kuil yang wajib dikunjungi saat berkunjung kemari.

Wat Rong Khun

Dijuluki Kuil Putih, kuil Buddha ini terkenal berkat arsitektur uniknya yang memadukan gaya surealis dengan detail tradisional khas Thailand. Dirancang seniman eksentrik bernama Chalermchai Kositpipat pada 1997, cat putih yang digunakan menyimbolkan kesucian Buddha, sementara patung setan, tengkorak, dan kepala terpenggal yang tergantung di pepohonan terinspirasi oleh tema kehancuran dan kekacauan.

Menariknya, interior kuil ini berhiaskan lukisan tokoh budaya pop, seperti Spiderman, Superman, Batman, Sailormoon, hingga Minions. Berada di sini, jangan lewatkan menyusuri setiap sudut kuil untuk menemukan banyak kejutan dan makna tersembunyi, termasuk bangunan emas di samping kuil yang berfungsi sebagai toilet dan disebut-sebut sebagai toilet tercantik di dunia.

Wat Phra Kaew

Kuil di ujung jalan Trairat dan Saeng Kaew, serta tak jauh dari Chiang Rai Clock Tower ini awalnya dinamai Wat Pa Ya atau Bamboo Forest Temple karena dikelilingi hutan bambu. Di sini dulunya menyimpan patung Emerald Buddha yang diperkirakan dibuat di India lebih dari 2.000 tahun lalu.

Setinggi 60 sentimeter, patung batu giok yang dibalut busana emas tersebut sempat dipindahkan ke Lampang, Chiang Mai, Luang Phra Bang, Vientiane, hingga akhirnya disimpan di Wat Phra Kaew Bangkok. Replikanya kemudian dibuat pada 1990 untuk memperingati ulang tahun almarhum Ibu Suri yang ke-90.

Wat Phra That Doi Chom Thong

Didirikan abad 10, kuil ini sudah ada sebelum Raja Mangrai mengunjungi tempat ini pada 1260 dan mendirikan kota baru yang kini merupakan Chiang Rai. Menawarkan panorama kota dan Sungai Mae Kok, bukit tempat kuil ini berdiri juga merupakan tempat sakral selama lebih dari seribu tahun dan konon pernah dikunjungi sang Buddha.

Relik suci sang Buddha – yang dipercaya berasal dari tengkoraknya – juga disimpan di sini. Bila biasanya relik di kuil disimpan di dalam chedi, relik di Wat Phra That Doi Chom Thong disimpan di dalam biara.

Wat Huai Pla Kung

Setinggi sembilan tingkat, setelah melalui tangga yang diapit patung naga emas dan memasuki pintu utama, pengunjung disambut patung Buddha raksasa di tengah bangunan.

Pengunjung dapat naik ke puncak kuil yang terhubung dengan tangga untuk menikmati pemandangan kuil putih yang sekilas mirip Wat Rong Khun, serta patung raksasa Dewi Kwan Im dalam posisi duduk menghadap kota Chiang Rai.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here