Rekomendasi Aplikasi Saat Bersepeda

0
3142

Bersepeda sembari mengunjungi destinasi kini menjadi tren berwisata di tengah pandemi. Selain dapat menikmati ruang terbuka dan membakar kalori, kegiatan bersepeda pun ramah lingkungan. Tak hanya sebagai kegiatan olah tubuh, pesepeda dapat memanfaatkan berbagai aplikasi untuk meningkatkan performa bersepeda. Inilah beberapa aplikasi sepeda yang direkomendasikan.

  • Strava: Run & Ride Training

Merupakan aplikasi paling populer, yang tidak hanya merekam dan menganalisis saat bersepeda, tapi juga memantau aktivitas lari, berenang, selancar, yoga, hiking, dan lainnya. Strava menawarkan sejumlah fitur menarik, antara lain pesepeda dapat membuat rute (Route Builder); melihat rute yang telah dijalani pengguna Strava lainnya beserta datanya (Segments); melihat pengguna lain yang sedang aktif di peta; mencari komunitas, grup, atau klub (Strava Clubs); berbagi rute; berkompetisi di rute tertentu; berinteraksi dengan pengguna Strava lainnya; dan terintegrasi dengan media sosial.

  • Google Maps

Merupakan aplikasi peta digital terbaik, walaupun tidak dikhususkan untuk kegiatan bersepeda, tapi pesepeda dapat memanfaatkan fitur navigasinya. Pantau jarak, kondisi lalu lintas jalanan, termasuk mencari jalan pintas jika ingin mengubah rute, merupakan keunggulan Google Maps. Aplikasi ini ideal bagi mereka yang ingin mengunjungi atraksi menarik sepanjang jalan, misalnya mencari museum, tempat wisata, restoran, dan lainnya. Aplikasi ini juga menyertakan maps offline yang dapat digunakan tanpa harus tersambung dengan Internet, di mana peta dapat disimpan di memori ponsel.

  • Cyclemeter Cycling Running GPS

Aplikasi ini akan menampilkan grafik, tabel, dan statistik selama bersepeda, cocok bagi mereka yang ingin mencari data akurat. Dapat terhubung dengan Strava, Facebook, dan media sosial lainnya. Data koordinat dapat diekspor dan diimpor dalam bentuk CSV, GPX, TCX, FIT, atau KML, file yang biasa dipakai pada pemetaan.

  • Map My Ride GPS Cycling Riding

Fleksibel digunakan untuk berbagai aktivitas olahraga selain sepeda, Map My Ride GPS Cycling Riding dilengkapi fitur feedback suara yang memberi informasi mengenai jarak, kalori, pace, dan rute, serta terhubung dengan aplikasi fitness dan peta. Jika menggunakan versi berbayar, aplikasi ini turut dilengkapi fitur analisa heart rate, power, cadence, plan training, dan sebagainya.

  • First Aid For Cyclist

Berbeda dengan empat aplikasi sebelumnya, First Aid For Cyclist menampilkan informasi dan cara penanganan jika terjadi kecelakaan saat bersepeda. Panduan standar keselamatan saat bersepeda penting untuk diketahui, terutama dalam hal pertolongan pertama. First Aid For Cyclist menjabarkan kecelakaan-kecelakaan yang sering dialami pesepeda, yang dirangkum dari sumber terpercaya. Instruksi penanganan dibuat agar mudah dimengerti, yang dilengkapi gambar dan langkah secara berurutan.

Teks: Priscilla Picauly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here