5 Tujuan Wisata di Bogor yang Sudah Beroperasi Saat Ini

0
3075

Sebagai salah satu destinasi utama bagi warga ibu kota untuk berlibur akhir pekan, Bogor kian diminati di masa normal baru ini ketika perjalanan ke tempat-tempat yang jauh dari rumah belum memungkinkan. Meski sempat tutup, sejumlah tempat wisata di Bogor sudah beroperasi kembali dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Berikut beberapa di antaranya.

Kebun Raya Bogor

Kebun seluas 87 hektar dengan lebih dari 15 ribu jenis pohon dan tumbuhan ini masih menjadi tempat favorit warga untuk menggelar keranjang piknik atau sekadar melewatkan waktu berkualitas bersama keluarga. Setelah ditutup selama tiga bulan karena pandemi Covid-19, Kebun Raya Bogor telah dibuka kembali untuk umum sejak akhir Juli lalu. Selain menerapkan serangkaian protokol kesehatan, pihak Kebun Raya Bogor juga mewajibkan pembelian tiket masuk secara daring maupun mempraktikkan transaksi pembayaran secara non-tunai.

Tiket masuk Kebun Raya Bogor tersedia di situs resminya, kebunraya.id, dengan harga Rp15.000 untuk wisatawan domestik dan Rp25.000 untuk wisatawan asing. Sementara tiket masuk mobil Rp50.000, tiket masuk motor Rp5.000, dan tiket masuk sepeda Rp5.000.

Taman Safari Indonesia

Terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, taman safari yang memiliki sekitar 2.500 spesies satwa dunia ini merupakan salah satu destinasi favorit di Bogor, terutama bagi pengunjung keluarga.

Saat ini, area khusus binatang yang sudah dibuka antara lain Istana Panda, Baby Zoo Exhibit, Bird Aviary, Primate Center, Komodo Dragon, Kampung Papua, dan Penguin House. Lalu, ada pula presentasi edukasi Bird Of Prey, Dolphins, Sea Lion, Various Animal, Tiger; pertunjukan Wild Wild West Cowboy dan Globe Of Death; Safari Journey; serta 10 wahana permainan.

Untuk menikmati itu semua, pengunjung cukup membayar Rp195.000 per orang di hari biasa, serta Rp230.000 per orang di akhir pekan dan hari libur. Untuk anak-anak di bawah lima tahun, tarifnya Rp170.000 per anak di hari biasa dan Rp210.000 di akhir pekan dan hari libur. Harga ini akan didiskon Rp10.000 per tiket untuk pembelian melalui tamansafaribogor.com. Jam operasional taman safari ini adalah setiap hari pukul 08:30 hingga 17:00.

Devoyage Bogor

Meski batal melakukan perjalanan ke luar negeri tahun ini, wisatawan Indonesia dapat memanfaatkan destinasi domestik yang menawarkan suasana Eropa dengan akses mudah dari Jakarta. Sebut saja Devoyage Bogor.

Terletak di Jalan Raya Boulevard CBD Bogor Nirwana Residence, taman wisata ini menampilkan suasana ala kota-kota Eropa yang fotogenik. Sempat tutup karena PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), Devoyage Bogor kembali dibuka pada 15 Juni lalu dengan menerapkan protokol keselamatan, seperti pengecekan suhu tubuh di pintu masuk, wajib mengenakan masker selama berada di area wisata, menjaga jarak antar pengunjung, serta rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. 

Devoyage Bogor buka tiap Senin hingga Jumat mulai pukul 09:00 hingga 18:00 dengan tiket masuk Rp30.000, serta tiap Sabtu, Minggu, dan libur nasional tiap pukul 09:00 hingga 20:00 dengan tiket masuk Rp40.000.

The Ranch Cisarua Puncak

Memiliki konsep serupa dengan The Ranch di Lembang, The Ranch Cisarua memungkinkan pengunjung untuk menjajal menunggangi kuda dengan menggunakan kostum abad pertengahan Eropa. Tak hanya itu, pengunjung juga mencoba aktivitas lain, seperti belajar memanah, bermain trampolin, berinteraksi dengan hewan-hewan di peternakan, dan berfoto dengan latar rerumputan luas dan taman-taman bunga yang cantik.

Saat ini, The Ranch Cisarua Puncak buka tiap hari pukul 09:00 hingga 18:00 dengan menerapkan serangkaian protokol kesehatan. Tiket masuknya adalah Rp25.000 per orang, yang dapat ditukarkan dengan satu gelas susu murni, satu tusuk sosis bakar, atau bagian dari potongan pembayaran di restoran senilai Rp25.000. Harga tiket masuk belum termasuk tiket wahana yang ada di The Ranch, yang berkisar antara Rp25.000 hingga Rp55.000.

Taman Wisata Matahari

Menawarkan berbagai zona permainan yang bisa dinikmati anak-anak maupun orang dewasa, tempat wisata dengan suasana alam yang masih asri ini telah dibuka kembali sejak Juli lalu dengan mewajibkan pengunjung untuk membeli tiket secara daring melalui Shopee Mall (klik laman ini di ponsel untuk tiket hari biasa dan klik laman ini untuk tiket akhir pekan). Tarif setelah diskon adalah Rp23.000 (harga normal Rp50.000), dengan masa berlaku tiket hingga April 2021.

Foto: Instagram @jirayutdaa4official

Buka tiap hari pukul 08:00 hingga 16:00, wahana yang tersedia di area seluas 40 hektar ini antara lain flying fox, paint ball, motor ATV, gocart, paddle boat, dan trampoline park.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here