Tip Memotret Puncak-puncak Tertinggi

0
2531

Berada di jalur Cincin Api, daratan Indonesia diseraki oleh gunung-gunung vulkanik yang menantang untuk ditaklukkan. Bila ingin mendaki puncak-puncak tertinggi sekaligus mengabadikan keindahannya, berikut hal yang harus dipersiapkan.

1. Bawa baterai cadangan dan memory card yang cukup, berhubung listrik tidak tersedia selama pendakian.

2. Tripod sangat menolong untuk memotret sunset, sunrise, star trail, dan time lapse di malam hari.

3. Jenis baterai kamera selain lithium seringkali drop saat suhu udara turun drastis. Puncak beberapa gunung di Indonesia bahkan bisa mencapai di bawah nol derajat Celsius.

4. Supaya konsentrasi memotret, tidak ada salahnya menyewa jasa porter tambahan untuk membawakan peralatan fotografi yang dibutuhkan, terutama ketika mendaki puncak.

5. Bila ingin membersihkan kamera, sebaiknya lakukan di dalam tenda yang minim debu.

6. Usahakan jangan berganti-ganti lensa, terutama bila gunung yang didaki banyak debu. Sering bergonta ganti lensa membuat debu masuk ke dalam sensor kamera.

Rinjani, Gunung Terfotogenik di Indonesia

Rinjani merupakan salah satu ikon keindahan Indonesia dan merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci. Merupakan objek yang diincar banyak fotografer untuk menghasilkan gambar-gambar spektakuler, Rinjani masih berstatus gunung api aktif hingga sekarang. Ketika meletus pada tahun 1874, di tengah kawahnya muncul sebuah gunung baru yang kemudian dinamai Gunung Baru Jari. Walau telah beberapa kali meletus, Rinjani masih bisa didaki dengan seizin Balai Taman Nasional.

Pendakian Rinjani dapat dilakukan melalui hutan hujan Senaru dan padang sabana Sembalun. Dari kedua rute ini, Sembalun adalah rute favorit para pendaki, mengingat jaraknya yang lebih dekat dengan puncak. Bawalah lensa 17-55mm untuk kamera non full-frame dan lensa 24-70mm untuk kamera full-frame, berhubung kedua lensa tersebut paling ideal untuk memotret selama perjalanan. Ketika sabana berakhir, medan akan terdiri dari tanjakan curam yang dijuluki Bukit Penyesalan. Di akhir Bukit Penyesalan, Anda akan tiba di Plawangan Sembalun yang menghadap ke Danau Segara Anak dan menjadi area bermalam para pendaki sebelum menaklukkan puncak.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here