Liburan #DiRumahAja? Yuk Tonton Siaran Langsung Migrasi Ribuan Paus Beluga

0
2719

Siapa yang tak gemas dengan tingkah beluga, paus putih yang cerdas dan ramah dengan manusia? Untuk saat ini, memang tidak memungkinkan untuk bertemu langsung dan berenang bersama paus beluga. Namun sebagai gantinya, Anda dapat melihat hewan yang berjuluk kepala melon ini secara virtual.

Menurut Thrillist, Polar Bears International (PBI) dan Explore.org telah meluncurkan siaran langsung paus beluga untuk memperingati Hari Es Laut Arktik pada 15 Juli. Siaran langsung dari bawah laut tersebut menunjukkan paus-paus yang mengunjungi muara Sungai Churchill, di mulut Teluk Hudson di Manitoba, Kanada, tempat 57.000 beluga bepergian selama musim panas.

Saat menonton siaran langsung tersebut, Anda dapat melihat paus yang berenang di sekitaran kamera yang dipasang di samping Beluga Boat, serta mendengar suara mereka yang unik. Anda juga dapat melihat siaran dari kamera kedua yang terpasang di atas air.

Jangan khawatir tak bisa banyak melihat aksi satwa tersebut meski kamera tersebut terpasang dalam keadaaan statis, karena paus beluga adalah hewan yang suka bersosialisasi dan penuh rasa ingin tahu. Mereka dipastikan akan selalu mengerumuni kamera tersebut, sehingga Anda dapat puas melihat tingkah-tingkahnya yang menggemaskan.

Siaran langsung ini, serta peringatan Hari Es Laut Arktik, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan mencairnya es di Kutub Utara dan bagaimana hal tersebut memengaruhi manusia dan hewan, selain mengajak orang untuk mengamati langsung paus-paus beluga yang tengah bermigrasi. Es laut penting untuk kelangsungan hidup banyak satwa arktik, termasuk paus beluga dan beruang kutub.

“Mencairnya es laut akan berpengaruh terhadap nasib beruang kutub dan masa depan planet ini,” kata Krista Wright, Direktur Eksekutif PBI dalam sebuah pernyataan. “Pemahaman akan pentingnya keberadaan es laut akan membantu agar orang-orang dapat lebih peduli terhadap isu tersebut dan turut mengambil tindakan. Kita masih memiliki cukup waktu untuk melestarikan es laut demi generasi beruang kutub dan manusia di masa mendatang.”

Siaran langsung paus beluga tersedia di laman ini hingga September, sehingga Anda dapat puas mengamati hewan-hewan ini secara virtual di saat senggang. Untuk informasi lebih lanjut atau untuk melihat siaran langsung menarik lainnya, kunjungi Explore.org.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here