Tip Road Trip Selama Pandemi Covid-19

0
2311

Bagi sebagian besar pelancong di dunia, terbang ke destinasi liburan impian tahun ini mungkin tak bisa terlaksana karena pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Para analis telah memperingatkan bahwa permintaan perjalanan udara tidak akan kembali ke tingkat sebelum pandemi sampai setidaknya pertengahan tahun depan. Sebagai gantinya, sebuah survei baru-baru ini yang dilakukan oleh Asosiasi Perjalanan Amerika Serikat dan MMGY Travel Intelligence menemukan bahwa 67 persen pelancong akan lebih sering bepergian dengan mobil pribadi mereka selama setidaknya enam bulan ke depan.

Hasil survei ini menunjukkan kalau road trip akan menjadi opsi utama bagi pelancong yang sudah tak sabar ingin mengeksporasi tempat-tempat baru. Namun, dengan pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung saat ini, ada langkah-langkah yang harus diambil selama perjalanan agar tetap aman dan bebas dari rasa khawatir.

Ingatlah juga bahwa melakukan perjalanan darat mungkin tak cocok bagi semua orang. Memang menyenangkan bisa menjauh sebentar dari rumah, tetapi ketika Anda melakukan kontak fisik dengan orang asing dalam perjalanan, atau melintasi tempat-tempat yang masih rawan penularan virus corona, semakin besar pula kemungkinan Anda terpapar Covid-19.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan saat road trip selama pandemi Covid-19.

  • Rencanakan rute perjalanan dengan teliti

Meskipun banyak atraksi wisata di Indonesia yang sudah kembali beroperasi, namun ini bukan berarti menandai berakhirnya pandemi Covid-19. Anda masih dapat tertular virus corona di tempat tujuan, sehingga penting untuk selalu merencanakan perjalanan dengan baik dan teliti.

Cari tahu jalan atau kota mana yang akan Anda lalui, lalu periksa apakah tempat-tempat tersebut masih rawan virus corona. Bila ya, jangan terlalu lama berhenti di tempat tersebut. Cek juga akomodasi dan objek wisata mana saja yang sudah buka. Biasanya, objek wisata tersebut memberlakukan batasan kapasitas, sementara yang lain mewajibkan pengunjung untuk membeli tiket secara daring. Bila memungkinkan, reservasi terlebih dahulu sebelum kunjungan.

  • Selalu bawa dan gunakan alat pelindung diri

Pastikan untuk selalu membawa hand sanitizer, disinfektan, masker wajah, sarung tangan, dan bila perlu, termometer. Dalam perjalanan, sering-seringlah mencuci tangan, entah dengan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Bila memungkinkan, bawa pula makanan dan minuman agar tak perlu sering berhenti di rest area dan berisiko terpapar virus corona. Jangan lupa juga untuk membawa semua dokumen perjalanan yang dibutuhkan, termasuk kartu asuransi kesehatan Anda.

  • Ambil tindakan pencegahan yang tepat di rest area

Bila perlu mampir di rest area atau pompa bensin untuk menggunakan kamar mandi, sebisa mungkin jangan menyentuh apa pun. Bila ada orang lain di dekat Anda, kenakan masker wajah. Anda juga bisa mengenakan sarung tangan atau pelindung sejenis lain agar kulit tangan tak langsung menyentuh permukaan benda. Setelah selesai, jangan lupa untuk mencuci tangan atau menggunakan pembersih tangan.

Saat membeli bensin, kenakan selalu masker wajah dan hindari berinteraksi langsung dengan staf. Saat membayar, bila memungkinkan pilihlah opsi pembayaran cashless. Bila terpaksa menggunakan uang fisik, kartu kredit, dan kartu debit, disarankan untuk tidak menyentuh wajah setelah memegang benda-benda tersebut. Selain itu, uang sebaiknya ditempatkan di meja konter ketimbang diserahkan secara langsung.

  • Bersihkan meja dan kursi saat makan di tempat umum

Seperti yang telah disebutkan di atas, Anda disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri dalam perjalanan, namun bila mesti makan di tempat umum, pastikan untuk selalu mengelap meja dan kursi dengan disinfektan, serta selalu menggunakan hand sanitizer setelah berinteraksi dengan orang asing.

Pertimbangkan juga memilih layanan drive-through, karena opsi ini mengurangi interaksi Anda dengan orang lain. Jangan lupa untuk mengecek dan mencari tahu apakah restoran tersebut sudah buka kembali. Beberapa restoran telah mengubah jam operasionalnya, sementara yang membatasi kapasitas pengunjung dalam satu waktu, sehingga waktu tunggunya bisa lebih lama dari biasanya.

  • Semprotkan disinfektan di area kamar tempat menginap

Ingatlah bahwa tidak semua hotel dapat beroperasi secara normal, jadi sebaiknya Anda menelepon terlebih dahulu dan mengonfirmasikan pemesanan Anda bila berencana untuk menginap di suatu tempat.

Bila memutuskan bermalam, CDC memiliki panduan tentang cara membersihkan dan mendisinfeksi tempat-tempat seperti kamar hotel, yang dapat Anda lihat di sini. Namun kalau masih merasa khawatir, Anda bisa memilih hotel-hotel yang telah menerapkan standar kesehatan dan keselamatan baru untuk menghindari penularan virus corona, atau memilih perjalanan sehari penuh, seperti Jakarta-Bandung-Jakarta, sehingga bisa langsung pulang di malam harinya dan tak perlu menginap.

  • Lakukan pengecekan kendaraan sebelum bepergian

Sebelum bepergian, lakukan pengecekan singkat pada kendaraan, seperti memastikan volume cairan rem, aki, air wiper, dan air radiator di titik yang cukup atau maksimal, mengecek tekanan angin dan kondisi ban, serta memastikan telah membawa seluruh perlengkapan mobil (dongkrak, kunci roda, dan lainnya).

Bila mobil Anda memiliki ban cadangan, pertimbangkan untuk mempelajari cara mengganti ban sendiri. Dengan cara ini, Anda tak perlu memanggil teknisi dan mengurangi jumlah interaksi dengan orang asing.

Namun bila terpaksa mesti memanggil teknisi, pastikan untuk selalu menerapkan jaga jarak. Bila mobil perlu diderek, disarankan menggunakan kendaraan lain untuk mengangkut Anda dan penumpang lain.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here