Ingin Bersepeda Gunung di Singapura? Ini 3 Jalur Terbaiknya!

0
2206

Meski terkenal sebagai kawasan yang modern dan futuristik, Singapura juga memiliki sejumlah ruang hijau yang rimbun, dengan beberapa di antaranya menawarkan jalur sepeda gunung yang cukup memacu adrenalin. Berikut ini adalah tiga jalur terbaik untuk bersepeda gunung di Singapura.

  • Chestnut Nature Park

Chestnut Nature Park dibuka pada 2016 dan diperluas di tahun selanjutnya. Keberadaannya menawarkan tempat pelarian sempurna dari hiruk pikuk perkotaan dengan lokasinya yang hanya berjarak 12 kilometer dari pusat bisnis Singapura. Ada dua jalur sepeda yang tersedia di Chestnut Nature Park, yakni jalur utara dan selatan. Bila digabungkan, jalur sepeda ini mencapai panjang 8,2 kilometer untuk dijelajahi. 

Jalur sepeda di sini tidak terlalu sulit, namun ada beberapa bagian yang lebih menantang di titik-titik tertentu yang cocok dinikmati oleh para pemula maupun pengendara sepeda berpengalaman. Di dalamnya juga terdapat area pump track dengan loop mirip roller coaster pendek yang biasa digunakan untuk saling unjuk keterampilan bersepeda. 

Chestnut Nature Park terletak di ujung timur Chestnut Avenue. Di dekat jalur sepeda utamanya terdapat kios rental sepeda yang juga menawarkan jasa cuci sepeda. Taman ini buka setiap hari pukul 07:00 hingga 19:00 waktu setempat.

  • Bukit Timah Mountain Bike Trail 

Bukit Timah Mountain Bike Trail dapat dikatakan sebagai area bersepeda gunung terbaik di Singapura. Dibuka pada 1997, jalur sepanjang tujuh kilometer ini sudah melegenda di kalangan pengendara lokal berkat tantangan yang ditawarkannya. Cocok dikendarai dalam semua musim berkat permukaannya yang padat dan kering, jalurnya menembus hutan kota lebat dengan pohon-pohon tropis yang subur, memberikan sensasi mendebarkan penuh tantangan dalam setiap tikungannya.

Bukit Timah Mountain Bike Trail terutama ditujukan bagi pengendara sepeda gunung berpengalaman. Namun para pemula juga bisa menikmatinya asal tetap berada di jalur yang tepat. Jalur yang tersedia di Bukit Timah Mountain Bike Trail dibagi menjadi beberapa tingkatan. Ada blue diamond untuk pemula, black untuk para ahli, dan black diamond untuk para pencari jalur ekstrem. 

Bukit Timah berada di zona yang sama dengan Chestnut Nature Park. Taman ini buka mulai pukul 07:00 hingga pukul 19:00 setiap harinya. Di dekat jalur utamanya juga tersedia toko sepeda yang siap melayani kebutuhan suku cadang para pengendara sepeda. Wisatawan yang tidak membawa sepeda sendri juga bisa menyewanya di sini.  

  • Ketam Bike Park, Pulau Ubin

Untuk pengalaman liburan yang berbeda di Singapura, coba lakukan perjalanan ke Pulau Ubin tempat Ketam Bike Park berada. Tempat ini memiliki jalur memutar sejauh 10 kilometer dengan berbagai tingkat kesulitan. Pengendara sepeda dapat menemukan segala jenis jalur, dari jalur mudah untuk pemula hingga jalur yang sangat menguji kemampuan teknis bersepeda. Jalurnya juga dapat dinikmati sepanjang tahun berkat bebatuannya yang cepat menyerap air. 

Ketam Bike Park merupakan lokasi yang sempurna untuk melarikan diri dari keramaian Singapura. Dulunya, Pulau Ubin merupakan pusat pertambangan granit. Namun dalam perkembangannya, tambang-tambang ini ditutup hingga menyisakan keindahan alam yang luar biasa. Di sini, pengunjung dapat menikmati hamparan rumput hijau yang luas dan barisan pohon-pohon tinggi. Aneka jenis burung juga sering terlihat di pulau ini. 

Untuk mencapai Pulau Ubin, pelancong harus menggunakan kapal feri dari Changi Ferry Port. Waktu tempuh dengan kapal feri hanya selama 10 menit. Setibanya di sana, pelancong dapat menyewa sepeda dari rumah-rumah kayu sederhana milik penduduk setempat.  

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here