Terpaksa Bepergian Saat Pandemi Covid-19? Ikuti Panduan Ini Agar Tetap Aman

0
2108

Pandemi Covid-19 yang menyebar dengan cepat di seluruh dunia membuat pemerintah mau tak mau melakukan pembatasan perjalanan demi melindungi keamanan dan keselamatan warganya. Anjuran untuk jaga jarak sosial juga mendorong orang untuk tetap tinggal di rumah guna mencegah penyebaran virus corona lebih lanjut.

Namun, karena beberapa alasan, entah urusan keluarga ataupun pekerjaan, ada sejumlah orang yang terpaksa bepergian saat wabah Covid-19 tengah berlangsung. Bila Anda termasuk salah satunya, ada baiknya mengikuti langkah-langkah ini untuk menghindari tertular virus corona dalam perjalanan.

1. Lakukan Tes Corona

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan tes corona untuk memastikan Anda tak membawa virus tersebut. Cari tahu pula tes yang dibutuhkan, entah itu rapid test atau swab test (PCR), karena setiap destinasi memiliki kebijakan berbeda. Jabodetabek, Bali, Balikpapan, Pangkalpinang, Padang, dan Tanjung Pandan, misalnya, mengharuskan penumpang pesawat menyertakan tes PCR dalam dokumentasinya.

Perlu diingat pula bila Anda pernah terinfeksi corona dan telah dinyatakan sembuh, belum tentu pihak otoritas di destinasi tujuan mengizinkan Anda untuk masuk ke wilayahnya.

2. Siapkan Dokumen Riwayat Kesehatan

Riwayat kesehatan Anda adalah teman terbaik Anda dalam situasi ini. Pastikan Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan untuk membuktikan bahwa Anda belum pernah menghadapi penyakit yang mungkin mengindikasikan bahwa Anda adalah pembawa virus. Miliki setidaknya catatan yang diperbarui dari dua minggu terakhir untuk membantu Anda melewati pemeriksaan dengan lancar.

3. Siapkan Dokumen Riwayat Perjalanan

Cara paling umum untuk tertular virus corona adalah dengan bepergian dari satu tempat ke tempat lain dan melakukan kontak dengan orang yang berbeda. Setiap orang yang telah berada di bagian lain di dunia dalam 14 hari terakhir memiliki risiko yang sama. Itulah sebabnya Anda harus menunjukkan riwayat perjalanan Anda sebelum naik pesawat untuk memastikan bahwa kemungkinan Anda tertular virus sangat kecil.

4. Bawa Semua Hal yang Penting

Pastikan Anda memiliki semua hal yang diperlukan untuk memastikan kebersihan diri. Kenakan sepasang sarung tangan, bawa tisu alkohol dan hand sanitizer, dan gunakan masker wajah. Bila perlu, bawa tusuk gigi untuk menekan tombol lift atau tombol angka di ATM ketimbang mesti menyentuhnya. Jangan lupa untuk membuangnya segera setelah dipakai dan jangan disimpan untuk digunakan kembali. Pastikan juga semua perangkat elektronik dan dokumen Anda berada dalam kantong plastik saat melewati pemeriksaan keamanan.

Gunakan hand sanitizer secara teratur saat Anda tidak mengenakan sarung tangan dan hindari memberikan botol hand sanitizer kepada orang lain. Anggap saja semua orang di sekitar Anda berpotensi besar dalam menularkan virus corona, sehingga Anda pun lebih berhati-hati saat bepergian.

5. Lakukan Tindakan Pencegahan

Pastikan untuk selalu melakukan semua tindakan pencegahan untuk menjamin keselamatan saat bepergian. Ingatlah untuk selalu cuci tangan secara teratur; jaga jarak setidaknya dua meter dari semua orang; hindari menyentuh orang atau barang milik orang lain; hindari menyentuh muka; batuk atau bersin dengan menutup hidung dan mulut dengan lengan atas bagian dalam atau tisu, lalu buanglah tisu ke tempat sampah; dan jangan melangkah ke tempat ramai.

6. Hubungi Tim Medis Bila Merasa Tak Sehat

Bila Anda merasa tidak sehat, segera hubungi layanan medis yang relevan, dan jauhkan diri Anda dari orang lain. Ingatlah bahwa bukan orang lain saja yang memiliki risiko penyebaran virus corona, Anda pun juga bisa menularkannya bila terjangkit Covid-19. Bahkan bila Anda tidak mengalami gejalanya, Anda dapat berisiko terinfeksi corona dan menjadi ancaman bagi orang lain di sekitar Anda. Jadi tetap berhati-hatilah!

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here