Ini 6 Trik Mengepak Koper untuk Bagasi Kabin

0
1136

Ada banyak cara untuk berhemat selama liburan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bagasi kabin gratis ketika bepergian dengan pesawat. Bila tahu cara mengepak yang benar, Anda tidak perlu lagi membeli bagasi. Tetapi perlu diingat bahwa bagasi kabin punya berat maksimal yang harus dipenuhi. Untuk itu, mari kita lihat enam trik mengepak koper untuk bagasi kabin!

  1. Pilih Koper yang Tepat

Sebelum mengepak, hal pertama yang penting diperhatikan adalah jenis koper. Terlebih dahulu, cek syarat ukuran koper kabin yang diterapkan oleh maskapai penerbangan. Setelah mendapatkan ukuran yang sesuai, pastikan untuk memilih koper yang ringan agar tidak menambah beban. Koper juga sebaiknya memiliki jumlah kantong yang banyak agar bisa menampung berbagai barang kecil.

Koper kabin juga harus dibawa-bawa selama check-in hingga boarding. Untuk itu, Anda perlu menggunakan koper dengan roda yang mudah berputar. Pilih koper dengan pegangan yang besar dan berada di sisi yang tepat untuk memudahkan Anda ketika menaikkannya ke kabin pesawat. Sementara untuk pilihan material koper, yakni antara hardshell dan soft, keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Hardshell lebih tahan lama dan cocok digunakan untuk bepergian ke daerah dengan curah hujan tinggi. Sementara soft memiliki fitur ekspansi yang dapat menampung lebih banyak barang.

  1. Bawa Tas Tambahan

Kebanyakan maskapai penerbangan memperbolehkan penumpang membawa tas tambahan untuk menyimpan barang-barang pribadi. Tas tambahan ini bisa berupa tas tangan, ransel kecil, tote bag, bahkan duffel bag berukuran kecil. Maskapai penerbangan biasanya tidak akan menimbang tas-tas ini. Anda bisa memasukkan barang-barang tambahan ke dalamnya jika koper kabin sudah kelebihan beban.

  1. Ganti Produk Cair dengan Batangan

Produk-produk cair seperti sabun cair dan sampo lebih berat dari versi padatnya. Produk cair juga hanya bisa dimasukkan dalam botol 100 mililiter sehingga akan menghabiskan banyak tempat jika membawa banyak. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengganti produk-produk cair menjadi produk berbahan padat, misalnya dengan sabun dan sampo batangan. Ruang yang diperlukan untuk menyimpan sabun dan sampo batangan akan lebih kecil dan akan bertahan lebih lama.

Jika harus membawa produk cair, bawalah barang-barang ini dalam bentuk sampel. Banyak pusat perbelanjaan yang membagikan sampel-sampel ini. Jika biasanya mungkin Anda tinggalkan atau lupakan, mulailah mengumpulkan sampel ini dalam satu tempat. Dengan demikian, Anda dapat mudah menemukannya untuk memenuhi kebutuhan perjalanan selanjutnya.

  1. Gunakan Packing Cubes

Packing cubes adalah tas-tas kain berbentuk kotak dengan berbagai ukuran yang bisa dimasukkan dalam koper. Packing cubes membantu memisahkan barang-barang Anda satu sama lain. Menemukan barang-barang kecil seperti kabel pun akan jadi mudah. Bentuk kotak dari packing cubes juga akan membantu memaksimalkan ruang dalam koper. Setelah memasukkan kotak-kotak ini, Anda bisa mengisi celah-celahnya dengan berbagai barang tambahan.

  1. Jangan Bawa Banyak Sepatu

Sepatu memakan banyak tempat dalam koper, terutama sepatu pria. Sepatu juga menyumbang berat yang lumayan besar. Untuk itu, Anda sebaiknya mengenakan sepatu terbesar dan terberat yang ingin dibawa ketika naik pesawat. Pilih sepatu yang cocok dengan berbagai busana dan acara sehingga Anda tidak perlu membawa banyak sepatu.

  1. Atur Barang Bawaan dengan Teman Liburan

Saat bepergian dengan pasangan, keluarga, atau teman, atur siapa yang akan membawa apa. Hal ini akan sangat berguna jika Anda berencana untuk berbagi kamar dengan seseorang. Tidak perlu banyak orang membawa sabun, sampo, dan pasta gigi. Jika ingin membawa barang-barang hiburan seperti speaker Bluetooth, cukup minta satu orang membawanya. Dengan sedikit komunikasi, Anda dapat menghemat ruang dan berbagi beban pengemasan bersama.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here