Asri dan Bikin Betah, Ini 4 Hotel Ramah Lingkungan di Indonesia

0
1335

Pemanasan global bukan isu yang main-main. Sebagai pelancong, kita dapat ikut berkontribusi merawat bumi dengan memilih hotel-hotel ramah lingkungan.

Selama ini, hotel berbintang sering digambarkan sebagai tempat sarat kemewahan yang sangat bertentangan dengan hidup berkelanjutan. Namun ternyata, tidak sedikit hotel yang mulai menyadari pentingnya pariwisata ramah lingkungan. Di Indonesia juga sudah ada beberapa hotel ramah lingkungan yang bisa menjadi pilihan akomodasi Anda selanjutnya ketika berlibur. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Soori Bali

Terletak di Kabupaten Tabanan dengan pemandangan Gunung Batukaru dan hamparan luas sawah, Soori Bali bagai surga tersembunyi di Indonesia. Tak hanya nyaman dan menenangkan, tempat ini juga didirikan berdasarkan standar lingkungan internasional EarthCheck. Desain dan interiornya yang mewah dibangun dari material lokal, seperti batu pasir dan batu vulkanik yang menimbulkan efek dingin.

Soori Bali juga senantiasa memanfaatkan musim hujan yang jatuh pada Oktober hingga April untuk kebutuhan airnya. Hotel ini memiliki sistem penyaringan air hujan untuk kemudian ditampung dan digunakan dalam berbagai hal. Soori Bali juga dilengkapi dengan jendela dan ventilasi udara yang mumpuni sehingga energi untuk lampu dan pendingin ruangan dapat dikurangi. Tak sampai sini saja, hotel ini juga menggunakan bahan-bahan lokal dari perkebunan dan peternakan setempat untuk memenuhi kebutuhan restorannya.

  1. Hilton Bandung

Hotel Hilton di Kota Bandung ini mengusung konsep zero waste. Alat makan yang digunakan juga tidak ada yang berbahan plastik sekali pakai, melainkan menggunakan kertas atau bahan ramah lingkungan lainnya. Hilton Bandung bahkan tidak lagi menyediakan botol minum plastik di ruang-ruang pertemuannya. Botol sekali pakai ini diganti dengan gelas-gelas kaca dan dispenser air.

Hilton juga mendorong agar para tamu dapat berpartisipasi dalam usaha menjaga lingkungan. Salah satunya adalah dengan tidak meminta layanan ganti handuk dan seprai setiap hari. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penggunaan air dan sabun yang berlebihan. Dengan cara-cara sederhana ini, Hilton bersama para tamu bisa mengurangi produksi limbah air.

  1. The Dharmawangsa Jakarta

The Dharmawangsa Jakarta memang dirancang sebagai hotel ramah lingkungan sejak awal didirikan. Kamar-kamarnya dirancang dengan jendela-jendela lebar yang memungkinkan cahaya matahari untuk masuk dengan bebas. Hasilnya, penggunaan lampu di kamar pun bisa dikurangi.

Tak hanya itu, The Dharmawangsa Jakarta juga memiliki ruang terbuka hijau yang luas untuk mempermudah laju penyerapan air hujan. Air ini juga banyak dimanfaatkan oleh The Dharmawangsa Jakarta untuk berbagai kebutuhan. Berkat konsep dan tata kelolanya yang ramah lingkungan, hotel ini berhasil menyabet penghargaan ASEAN Green Hotel Awards 2014.

  1. Alila Solo

Jika berlibur ke Solo dan ingin membantu industri pariwisata berkelanjutan, Anda bisa memilih Alila Solo sebagai tempat bermalam. Hotel ini telah menerima sejumlah penghargaan nasional dalam upayanya menjaga kelestarian alam.

Alila Solo memiliki desain dan sistem yang dirancang khusus dengan konsep ramah lingkungan. Salah satunya adalah dalam perancangan konstruksi bangunan yang dibuat dengan cukup ventilasi udara sehingga dapat mengurangi penggunaan pendingin ruangan. Selain itu, Alila Solo juga memiliki sistem Sewage Treatment Plant. Sistem ini memungkinkan pengolahan limbah air secara maksimal. Limbah air ini nantinya akan digunakan kembali untuk menyiram sejumlah tanaman yang ada di sekitar hotel.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here