3 Aplikasi untuk Belajar Bahasa Asing Selama #DiRumahAja

0
1095

Banyak rencana liburan yang harus batal karena pandemi corona. Tak perlu bersedih, dan mari manfaatkan waktu #dirumahaja dengan bersiap-siap menghadapi petualangan berikutnya. Misalnya, dengan belajar bahasa asing lewat kursus online yang tersedia di aplikasi secara gratis.

Mengetahui bahasa dari tempat yang akan dikunjungi tentu akan mempermudah komunikasi. Tetapi keuntungan dari belajar bahasa sebenarnya bukan sampai sini saja. Belajar bahasa setempat merupakan cara untuk menghargai budaya dan menjadi pelancong yang perhatian. Masyarakat lokal pasti akan merasa senang dan bangga mendengar bahasanya digunakan.

Aplikasi apa saja yang dapat digunakan? Coba lihat daftarnya di bawah ini.

  1. Duolingo

Aplikasi yang menyenangkan, serba cepat, dan mudah digunakan ini adalah alat pembelajaran bahasa favorit bagi banyak orang. Penggunanya dapat mempelajari lebih dari 23 bahasa, termasuk Prancis dan Jepang. Pelajaran kosa kata, tata bahasa, dan penggunaannya mayoritas dibawakan oleh penutur aslinya dengan flash card bergambar dan berbagai permainan. Dari setiap pelajarannya, pengguna akan mendapatkan poin penilaian.

Aplikasi ini tersedia secara gratis di App Store dan Google Play Store. Pengguna juga bisa mengakses pelajarannya melalui situs duolingo.com.

  1. Memrise

Aplikasi ini cocok untuk pengguna yang ingin mempelajari kosa kata asing dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Memrise mengajarkan penggunaan kosa kata baru dengan memasukkannya ke dalam kalimat. Teknik ini akan membantu membangun koneksi untuk mengingat kata-kata tersebut. Pelajarannya juga dibuat menyenangkan dengan memasukkan unsur game dan kuis yang beragam.

Satu lagi fitur yang membedakan Memrise dengan aplikasi lainnya adalah adanya video yang menunjukkan bagaimana penduduk setempat menggunakan frasa yang berbeda dalam percakapan. Fitur ini terutama sangat membantu dalam pelafalan.

Memrise dapat digunakan oleh pengguna pemula maupun yang sudah memiliki keahlian bahasa berkat fitur custom-nya. Fitur ini memungkinkan orang untuk melewati beberapa pelajaran yang dirasa mudah hingga menemukan tingkat kesulitan yang sesuai. Ada lebih dari 20 bahasa yang bisa dipelajari melalui aplikasi ini. Memrise tersedia secara gratis di App Store dan Google Play Store.

  1. Drops

Belajar kosa kata baru jadi lebih menyenangkan dengan Drops. Aplikasi ini menggunakan ilustrasi minimalis untuk membantu penggunanya mengingat kata-kata baru. Pelajarannya juga dibuat ke dalam permainan-permainan kecil yang seru. Asyiknya lagi, pelajaran ini hanya memakan waktu lima menit per hari. Drops percaya dengan waktu lima menit ini, pengguna akan lebih konsisten belajar dan bisa mempertahankan fokus mereka.

Ada 35 bahasa yang dapat dipelajari dengan aplikasi Drops, termasuk bahasa Spanyol, Prancis, dan Arab. Aplikasi gratis ini bisa didapatkan di App Store dan Google Play Store.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here