Wisata Selam Selama #DiRumahAja, Begini Caranya

0
1351

Sudah mulai rindu dengan hamparan laut luas dan dunia bawah air yang menakjubkan? Bila ya, mari menyelam secara virtual dan kembali menyapa hewan-hewan laut yang sudah lama tidak kita jumpai.

Melalui tur bawah air virtual, Anda bisa berenang bersama hiu dan ubur-ubur. Ada pula petualangan menjelajahi bangkai kapal karam dan hutan kelp yang rimbun.

  1. Berenang Bersama Hiu

Berenang bersama hiu mungkin merupakan pengalaman yang sulit diwujudkan bagi kebanyakan orang. Namun berkat kemajuan teknologi, kini Anda bisa berenang bersama hewan-hewan menakjubkan ini sambil diam di rumah.

Anda bisa mengunjungi channel Youtube National Geographic untuk melihat hiu-hiu ini dari jarak yang sangat dekat, entah itu hiu martil maupun hiu harimau di Bahama. Sambil “menyelam”, Anda juga bisa belajar lebih banyak soal hiu berkat fakta-fakta menarik yang bermunculan di sepanjang video.

Asyiknya lagi, video dibuat dalam mode 360 derajat yang memungkinkan Anda untuk melihat ke segala arah selama video berputar. Rasanya benar-benar seperti sedang berada di tengah laut, berhadapan langsung dengan kawanan hiu. Menontonnya sekali saja pasti tidak akan cukup karena banyak sekali keseruan yang harus dilihat.

  1. Berpetualang di Kapal Karam

Tidak semua orang bisa menyelam ke dasar laut untuk menjelajahi bangkai kapal karam. Dibutuhkan kualifikasi menyelam untuk melakukan kegiatan yang dinilai berbahaya ini. Namun dengan tur virtual interaktif, Anda dapat berkunjung ke situs ini dan melihat segala keseruannya tanpa ancaman bahaya.

Ada banyak pilihan tur virtual ke situs kapal karam yang bisa Anda ikuti. Di Selandia Baru, misalnya, ada kapal pesiar MS Mikhail Lermontov yang fitur-fiturnya dapat dinikmati melalui video di atas. Pada November 2016, gempa bumi menyebabkan tangga utama dan sisi kanan kapal pada situs ini runtuh hingga tidak terlihat lagi. Video yang diambil pada Februari 2016 ini menjadi satu-satunya cara melihat kembali kedua fitur tersebut.

Untuk petualangan di situs kapal lainnya, Anda bisa menonton video 360 derajat dari SS Thistlegorm dan HMNZS Canterbury.

  1. Mengarungi Air Penuh Ubur-ubur

Raja Ampat punya pemandangan bawah laut yang memesona hingga terkenal ke mancanegara. Salah satu spot yang menarik adalah perairan penuh ubur-ubur.

Bagi yang belum sempat berkunjung ke sini, AirPano dengan video 360 derajatnya bisa membawa Anda ke tengah-tengah kerumunan ini. Nikmati hari Anda dengan melihat gerakan ubur-ubur yang begitu halus, hingga seakan melayang di tengah air.

  1. Berenang dalam Hutan Kelp

Hutan kelp merupakan keindahan laut yang jarang diketahui orang. Padahal hutan ini memenuhi sekitar 25 persen dari bibir pantai di dunia. Hutan kelp ini terdiri atas rumput-rumput laut yang tumbuh memanjang keatas seperti pita. Untuk melihat keindahan hutan kelp, Anda bisa menikmati video dari Ocean First Education yang mengajak penontonnya berkeliling hutan bawah laut di Anacapa.

Selain itu, ada pula video dari BBC Earth untuk menjelajahi hutan Kelp di Norwegia dan video lain yang diambil di Monterey Bay Aquarium.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here