Catat! Kolam Sebening Kaca Ternyata Ada Juga di Bogor

0
778

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur untuk merasakan sensasi berenang di kolam sebening kaca. Bogor juga memiliki kolam yang indah dengan air sebening kaca bernama Leuwi Balong Endah.

Di sini, wisatawan dapat menikmati kesegaran air kolam dan hawa dingin dataran tinggi Bogor sambil bermain-main di bawah air terjun yang mengalir dari sisi tebing batu. Air yang bening ditambah dengan pepohonan hijau dan tumpukan batu-batu besar seperti bukit membuat kolam ini tampak semakin indah.

Instagram @hadjukemal

Aliran air di Leuwi Balong Endah tidak deras, hanya sedikit bergelombang dari air terjun yang mengucur di tumpukan batu tinggi. Wisatawan dapat membawa ban pelampung untuk duduk santai di atasnya sambil menikmati deburan suara air terjun.

Di atas tumpukan batu yang mengapit sungai, ada pula kolam besar dengan air yang cukup dangkal. Wisatawan dapat duduk-duduk di kolam yang tampak seperti kolam renang pribadi ini. Airnya tidak kalah dingin dan jernih karena berasal dari mata air yang sama. Saat debit air sedang tinggi, air dari kolam ini ikut mengalir turun melewati tumpukan batu di sisinya dan membentuk air terjun kecil.

Instagram @hadjukemal @pakrw25

Jika belum puas sekadar bermain air di Leuwi Balong Endah, wisatawan juga bisa mengikuti water trekking di sepanjang aliran sungai. Ada beberapa tempat menarik yang bisa ditemukan ketika melakukan trekking ini. Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang sungai dan kolam bertingkat, bahkan berpose di atas air terjun yang tinggi. Kegiatan water trekking ini juga semakin menyenangkan dengan pemandangan hutan dan bukit-bukit yang masih asri. Leuwi Balong Endah memang berada di kawasan taman nasional yang dilindungi sehingga keindahan alamnya tidak perlu diragukan lagi.

Leuwi Balong Endah terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Dari pusat kota Bogor, tempat ini dapat dicapai dengan 1,5 jam berkendara via Jalan Raya Ciapus. Dari pintu masuk taman nasional, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sebentar. Jalur menuju sungai ini tidak sulit karena memang sudah dibuat trek khusus di tengah hutan untuk para pengunjung.

Untuk mencapai kawasan Leuwi Balong Endah, wisatawan perlu membayar tiga tiket masuk. Pertama untuk masuk ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak, wisatawan dikenakan biaya Rp 10.000. Selanjutnya untuk melewati area Curug Kondang yang berada di jalur yang sama dengan Leuwi Balong Endah, wisatawan harus membayar tiket masuk Rp 7.500. Terakhir di gerbang masuk Leuwi Balong Endah, wisatawan kembali harus membayar Rp 7.500. Waktu terbaik untuk berkunjung ke kawasan wisata ini adalah di pagi menjelang siang hari karena air sedang jernih-jernihnya.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here